TIps Olahraga yang Aman dan Sehat

Sunday, April 8, 2012

Kita semua mengetahui bahwa olahraga sangat baik bagi kesehatan masa kini dan masa tua yang akan datang. Olahraga merupakan suatu usaha peningkatan kesehatan (promotion health) sehingga kita tidak rentan terserang berbagai resiko penyakit yang mengancam. Petunjuk-petunjuk berikut ini bisa dipakai dan baik bagi siapapun yang ingin berolahraga, tanpa memandang usia seseorang, kondisi atau intensitas olahraga yang dilakukan.
  1. Lakukan pemanasan dan pendinginan dengan benar.
  2. Tunggu sedikitnya 2 jam setelah makan sebelum berolahraga.
  3. Tunggu hingga 2 hari atau lebih setelah terserang influensa atau pilek sebelum melanjutkan program olahraga rutin anda.
  4. Pada cuaca panas, leimbab, perhatikan adanya tanda-tanda kepanasan, termasuk diantaranya sakit kepala, pusing, pening, mual-mual, pingsan, kram, atau berdebar-debar. Selalu minum cukup banyak air. Pelankan langkah anda pada saat suhu naik diatas 21 derajat celcius. Ketika suhu tertinggi 27 derajat celcius, rencanakan waktu olahraga anda menjadi lebih pagi atau pada sore atau malam hari, atau memilih berjalan pada tempat ber-AC seperti sebuah mall atau pada alat treadmill pada sebuah tempat kebugaran/fitness.
  5. Pelan-pelan ketika menaiki tanjakan seperti bukit dan lain sebagainya.
  6. Berpakaian longgar, pakaian yang nyaman yang sesuai dengan cuaca. Pilih sepatu yang dirancang sesuai dengan jenis olahraga yang anda lakukan dan gantilah secara teratur. Sepatu dengan bantalan didalamnya pada sepatu jalan dan joging yang dipakai secara menetap akan lusuh atau rusak dalam 6-12 bulan.
  7. Rancang dan rencanakan program olahraga yang sesuai dengan tingkat kebugaran dan kesehatan anda. Apabila anda sedang dalam perawatan dokter, bicarakan dengan dokter anda lebih dulu untuk menentukan keterbatasan anda dalam berolahraga.
  8. Jika anda mengalami gejala-gejala berikut ini ketika berolahraga, hentikan aktifitas anda dan periksa ke dokter sebelum melanjutkan kembali aktifitas olahraga anda:
    • Ketidaknyamanan dalam bentuk apapun, termasuk diantaranya rasa sakit, panas, atau sesak atau rasa penuh pada tubuh bagian atas.
    • Pingsan atau hilang kesadaran.
    • Suara nafas mengi/ngik-ngik/bengek atau nafas tersengal-sengal/pendek yang hilangnya memerlukan waktu 5 menit.
    • Nyeri pada tulang dan sendi.
  9. Jangan memaksakan diri. Dengarkan kemapuan dan keterbatasan tubuh anda dan kurangi aktifitas anda jika:
    • Tidak mampu menyelesaikan sesi latihan anda.
    • Tidak mampu menjaga/melanjutkan pembicaraan ketika berolahraga.
    • Merasa pusing ingin pingsan setelah berolahraga.
    • Merasa kelelahan selama satu hari penuh.
    • Mengalami gangguan atau susah tidur.
    • Menderita nyeri atau sakit pada persendian setelah berolahraga
Sumber: Harvard Health Publications Special Health Report, Exercise: A Program You Can Live With
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment