Bahaya Terjatuh dan Cara Menguranginya

Bookmark and Share
Siapa saja yang beresiko tinggi terjatuh?. Setiap orang, pria, wanita, anak-anak, remaja atau dewasa bisa terjatuh meskipun resiko lebih tinggi lebih sering terjadi pada orang tua atau lanjut usia. Peningkatan resiko terjatuh pada orang tua atau lanjut usia mungkin merupakan hasil dari perubahan-perubahan yang terjadi bersamaan dengan penuaan, dan kondisi-kondisi kesehatan mereka alami seperti arthritis, katarak atau gangguan atau masalah pada pinggul mereka.

Apa yang dapat anda lakukan untuk mengurangi resiko anda dari terjatuh?

Kebanyakan kejadian terjatuh terjadi di dalam rumah. Pertimbangkanlah tip-tips berikut ini untuk membuat rumah anda aman:
  1. Pastikan anda mempunyai penerangan cahaya yang baik di dalam rumah anda. Sebuah penerangan atau pencahayaan yang baik di dalam rumah akan membantu anda terhindar dari tersandung benda-benda yang tidak mudah dilihat oleh mata. Pasang lampu jenis lampu malam di kamar tidur anda, pada gang-gang/jalan sempit, tangga dan kamar mandi anda.
  2. Karpet untuk alas lantai sebaiknya diikatkan dengan kuat pada lantai atau jangan membuat lantai anda licin sehingga membuat anda atau anggota keluarga yang lain tergelincir dan berakibat jatuh atau terjatuh. Apabila karpet berlebihan atau tidak terpakai sebaiknya dilipat kebawah dan dipaku.
  3. Kabel-kabel atau kawat elektrik sebaiknya tidak berada dilantai dimana lantai tersebut merupakan daerah atau tempat untuk jalan.
  4. Pasang pegangan tangan dalam kamar mandi anda untuk mandi, shower dan wc.
  5. Pasang pagar pada kedua sisi tangga sebagai dukungan.
  6. Pada ruang dapur, pastikan bahwa benda-benda yang ada mudah terjangkau. Janga menyimpan benda-benda atau barang-barang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Menempatkan barang-barang terlalu tinggi menjadikan anda menggunakan alat bantu seperti tangga lipat atau kursi untuk meraih benda tersebut dan hal ini berpotensi anda bisa terjatuh. Juga merupakan pemikiran yang bagus menghindari menyimpan benda atau barang terlalu rendah, karena dengan menaruh benda terlalu rendah, anda akan membungkuk untuk mengambilnya.
  7. Kenakan sepatu dengan kuat dan pastikan telapak kaki sepatu tidak licin yang berpotensi anda tergelincir dan jatuh. Hindari menggunakan sandal yang terlalu besar yang dapat menyebabkan anda tersandung.
Hal-hal lain yang dapat anda lakukan
Jaga tubuh anda sendiri. Cobalah untuk tetap mempertahankan kesehatan anda dengan beberapa tip-tips berikut ini:
  1. Periksakan mata anda ke dokter rutin tiap tahun satu kali periksa. Katarak dan bebeapa penyakit mata lainnya yang menjadi penyebab penglihatan terganggu dan tidak dapat melihat dengan baik sehingga dapat menjadikan anda terjatuh.
  2. Lakukan aktifitas fisik atau olahraga secara teratur untuk menjaga kekuatan otot dan tulang anda sehingga kuat dan tidak mudah jatuh.
  3. Rawat dengan baik kaki anda. Apabila anda merasa nyeri pada kaki anda atau bengkak/membesar, berkuku tebal dan cantengan, lakukan pemeriksaan ke dokter.
  4. Bicarakan dengan dokter anda tentang apapun efek samping yang anda rasakan dari obat-obat yang diresepkan pada anda. Masalah-masalah yang disebabkan efek samping obat sering menjadi sebab terjatuh atau jatuh. Semakin banyak obat yang anda minum, semakin besar pula resiko anda terjatuh.
  5. Konsultasikan dengan dokter apabila anda mengalami serangan pusing.
  6. Apabila dokter menyarankan bahwa anda perlu menggunakan kayu atau rotan atau seseorang untuk membantu anda berjalan, pastikan anda menggunakan bantuan tersebut. Hal ini akan memeberikan kepada anda stabilitas atau keseimbangan ekstra pada saat berjalan dan akan membantu anda terhindar dari terjatuh.
  7. Jangan merokok
  8. Batasi minum minuman alkohol, jangan lebih dari 2 gelas perhari.
  9. Pada saat anda bangun dari tempat tidur di pagi hari atau malam hari untuk pergi ke kamar mandi, terlebih dahulu duduk pada sisi tempat tidur selama beberapa menit sebelum berdiri. Tekanan darah anda perlu waktu beberapa menit untuk menyesuaikan diri pada saat anda duduk. Mungkin tekanan darah anda terlalu rendah jika anda bangun dengan cepat. Hal ini akan membuat anda pusing, dan anda mungkin akan kehilangan keseimbangan dan anda terjatuh.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment