Penyakit dan Serangan Jantung pada Wanita

Bookmark and Share
Apakah wanita beresiko terserang penyakit jantung dan serangan jantung?
Seperti halnya kaum pria, wanita juga beresiko terserang penyakit jantung dan serangan jantung. Kenyataan dan faktanya adalah bahwa penyakit jantung merupakan penyebab kematian utama pada wanita dengan usia diatas 65 tahun. Timbul dan berkembangnya penyakit jantung pada wanita relatif lebih lambat 7 atau 8 tahun dari pada pria. Sekitar usia 65 tahun lebih, seorang wanita mempunyai resiko yang hampir sama dengan pria untuk dapat terserang penyakit jantung dan atau serangan jantung.

Apa yang perlu para wanita ketahui tentang penyakit jantung dan serangan jantung?
Wanita cenderung kurang bisa bertahan terhadap serangan jantung dan penyakit jantung dari pada pria (tidak seorangpun tahu mengapa?). Hal tersebut mungkin dikarenakan para wanita tidak mencari atau mendapatkan pertolongan secepatnya seperti pada pria (faktor tenaga dan kapabilitas dalam mencari pertolongan). Atau mungkin juga dikarenakan pada wanita mempunyai ukuran jantung dan pembuluh darah yang lebih kecil sehingga mudah mengalami kerusakan. Mengenai hal-hal tersebut diatas masih dalam suatu pertanyaan. Akan tetapi hal terpenting dan dipertimbangkan adalah bagaimana melakukan pencegahan terhadap penyakit jantung dan serangan jantung sebelum penyakit tersebut timbul.

Apa yang dapat diulakukan untuk melindungi diri anda dari penyakit jantung dan serangan jantung?
Untuk pria dan wanita, bahwa faktor yang memberikan kontribusi terbesar terjadinya penyakit jantung adalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, keturunan (riwayat kesehatan

keluarga), dan faktor usia. Maka kenalilah dan lihatlah faktor-faktor resiko yang anda punyai seperti gaya hidup, riwayat kesehatan keluarga, dan kondisi kesehatansecara umum. Dengan informasi-informasi tersebut, anda dan dokter akan dapat menilai faktor-faktor resiko pencetus timbulnya penyakit jantung dan serangan jantung pada diri anda dan membuat perencanaan untuk menghindari dan mencegah potensi timbulnya penyakit jantung.

Akan tetapi anda tidak dapat merubah faktor keturunan dan usia yang ada pada diri anda, anda dapat membuat perubahan-perubahan pada gaya hidup anda untuk menghindari beberapa faktor resiko yang ada pada diri anda. Baca dibawah ini.

Jangan merokok
Merokok adalah merupakan faktor resiko terbesar timbulnya penyakit jantung pada wanita. Lebih dari separuh wanita dengan serangan jantung yang umurnya dibawah 50 tahun adalah berhubungan dengan gaya hidup merokok. Jika anda berhenti merokok, maka anda sudah menurunkan 1/3 dari resiko terkena serangan jantung dalam 2 tahun. Pada wanita perkokok serta penggunaan pil pencegah kehamilan dapat meningkatkan resiko mereka terserang serangan jantung bahkan lebih.

Ada berbagai jenis produk yang dapat membantu anda untuk berhenti merokok. Anda mungkin dapat mencoba produk seperti nicotine skin patches atau nicotine gum yang dapat anda beli di toko-tokok obat tanpa resep dokter. Ada juga obat-obat resep dengan peresepan (resep dokter) yang dapat membantu upaya anda dalam berhenti merokok. Konsultasilah dengan dokter tentang cara-cara terbaik untuk berhenti merokok.

Menghirup asap rokok dari cigaret atau menjadi perokok pasif juga berdampak buruk pada jantung dan paru-paru anda. Jika di lingkungan anda adalah lingkungan dengan orang-orang perokok, sarankan kepada mereka untuk berhenti merokok.

Kontrol Tekanan darah anda.
Jika anda mempunyai tekanan darah tinggi, lakukan treatment pada darah tinggi anda sehingga menjadi normal. Pengobatan pada tekanan darah tinggi dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke. Beberapa cara yang dapat membantu anda untuk mengendalikan dan mengontrol tekanan darah tinggi anda agar tetap normal adalah
  • Mengurangi berat badan
  • Latihan olah raga teratur
  • Makan dan diet yang sehat
  • Mengurangi konsumsi garam dalam makanan anda dapat juga membantu.
Jika langkah-langkah dan cara-cara tersebut tidak dapat menurunkan tekanan darah tinggi anda, dokter mungkin akan merekomendasikan obat-obat penurun tekanan darah tinggi sebagai pengobatan darah tinggi.

Kontrol dan kendalikan kadar kolesterol.
Jika anda tidak mengetahui berapa kadar kolesterol darah anda, pergi ke rumah sakit dan lakukan pemeriksaan untuk mengetahuinya.

Cara mengontrol dan mengendalikan kolesterol
  • Diet adalah bagian dari upaya menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.
  • Akan tetapi terkadang beberapa orang memerlukan obat-obatan penurun kadar kolestero l sebagai tambahan diet dan olah raga.
  • Olah raga teratur
Kontrol dan jaga Berat badan
Berat badan yang berlebih memberikan beban lebih juga pada jantung dan arteri-arteri sebagai pengedar darah ke seluruh jaringan tubuh.

Tips mengontrol dan menjaga berat badan
  • Latihan olah raga
  • Diet rendah lamak
Dua hal diatas dapat membantu anda guna menurunkan berat badan. Jika anda overweight atau kelebihan berat badan berarti anda mempunyai banyak resiko untuk mengalami berbagai masalah kesehatan, khususnya diabetes militus atau kencing manis, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Jika anda mengalami overweight maka konsultasikan dengan dokter tentang cara yang paling efektif dan aman untuk menurunkan berat badan anda.

Latihan olah raga teratur
Ingatlah bahwa jantung anda adalah suatu otot yang perlu latihan teratur untuk tetap dalam bentuknya. Latihan olah raga seperti jalan cepat, renang, joging atau bersepeda dapat memberikan latihan terbaik buat jantung anda. Bila anda ingin melakukan latihan olah raga dalam ruangan, anda juga dapat menggunakan peralatan fitness seperti sepeda, mesin ski, treadmills dan lainnya.

Sebaiknya lakukan olah raga secara teratur 4-6 kali seminggu dengan durasi 30-60 menit. Konsultasikan dengan dokter sebelum anda memulai melakukan olah raga.

Diet rendah lemak
  • Batasi konsumsi kalori dari lemak jangan melebihi 30 % dari jumlah total kalori yang anda butuhkan selama satu hari.
  • Hindari konsumsi lemak jenuh (lemak dalam daging dan minyak kelapa).
Informasi-informasi seperti dalam label makanan tentang kandungan makanan dalam satu porsi makanan termasuk kandungan kalori dan lemak serta informasi kandungan nutrisi lainnya, buku-buku resep masakan yang menawarkan resep masakan untuk kesehatan jantung serta ada juga beberapa restauran yang menawarkan diet rendah lemak. Hal-hal tersebut akan sangat membantu anda dalam melakukan program diet rendah lemak.

Berhati-hatilah dengan diabetes
Jika anda mempunyai penyakit diabetes militus atau kencing manis, hal yang terpenting dan sebaiknya anda lakukan adalah latihan olah raga teratur, diet rendah lemak, dan selalu lakukan pemeriksaan rutin ke dokter. Jika anda perlu obat-obat untuk diabetes, pastikan obat-obat tersebut adalah dari resep dan rekomendasi dari dokter yang kompeten.

Perhatikan dan ketahui adanya nyeri dada.
Pastikan untuk menghubungi dokter jika anda merasakan nyeri hebat pada dada, bahu, leher, atau rahang. Jelaskan juga pada dokter jika anda mengalami gejala nafas pendek, mual-mual yang mendadak. Jika terjadi serangan jantung, semakin cepat anda ke rumah sakit, semakin sedikit pula kerusakan jantung yang dapat terjadi. "Setiap detik sangat berharga"

Ketahuilah riwayat kesehatan keluarga anda.
Jika anda mempunyai ayah atau kakak laki-laki dengan penyakit jantung pada usia dibawah 55 tahun, atau mepunyai ibu atau adik wanita yang mempunyai penyakit jantung sebelum usia 65 tahun, itu adalah faktor-faktor yang turut andil dan berkontribusi timbulnya penyakit jantung. Beritahukan dengan jelas informasi-informasi tentang riwayat kesehatan keluarga anda dengan dokter.

Bisakah obat-obatan dapat menurunkan resiko dari penyakit jantung dan serangan jantung?
  • Obat-obat penurun kolesterol menurunkan resiko dari terserang serangan jantung pada pria. Akan tetapi belum cukup banyak bukti yang menunjukkan bahwa obat tersebut bekerja dengan baik pada wanita yang belum pernah menglami serangan jantung. Jika anda mempunyai serangan jantung, obat-obat penurun kolesterol dapat menurunkan resiko dari serangan lainnya.
  • Jika anda mempunyai penyakit arteri koroner, serangan jantung atau angina, maka konsumsi Aspirin setiap hari dapat membantu anda menurunkan resiko dari masalah-masalah tersebut. Aspirin bekerja dengan cara mengencerkan darah sehingga menghindarkan dari terjadinya penggumpalan darah yang dapat berakibat terjadinya serangan jantung, stroke karena adanya gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh termasuk ke bagian jantung dan otak.
  • Akan tetapi efek samping penggunaan aspirin adalah timbulnya masalah kesehatan lain seperti perdarahan gastrointestinal dan efek samping lainnya. Berikan dan informasi tentang faktor resiko yang ada dalam diri yang potensial berakibat timbulnya penyakit jantung dan pertimbangkan kembali apabila anda ingin menggunakan aspirin.
  • Angina adalah nyeri dada yang diakibatkan karena penurunan atau kurangnya suplai darah yang terjadi secara tiba-tiba atau mendadak ke jantung. Beberapa obat seperti statins, beta-blockers dan ACE inhibitors mungkin dapat membantu penderita jika penderita mempunyai masalah dengan jantung. Tanyakan kepada dokter untuk pemilihan obat yang tepat dan sesuai.
Dapatkah terapi pengganti estrogen dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung pada wanita?
Terapi pengganti estrogen atau disebut dengan Estrogen replacement therapy atau terapi pengganti hormon (hormone replacement therapy) tidak dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung pada wanita. Terapi atau pengobatan ini dapat membantu meminimalisir atau mengurangi gejala-gejala menopause dan untuk mengurangi resiko osteoporosis.

Pernah dipikirkan bahwa terapi pengganti hormon dapat membantu melindungi dari penyakit jantung. Studi baru telah mebuktikan bahwa ketika penyakit jantung datang menyerang, hormon replacement therapy (HRT) pada kenyataannya lebih merugikan.

Jika saat ini anda mengkonsumsi HRT dengan tujuan untuk pencegahan dari penyakit jantung, konsultasikan dengan dokter tentang apakah sebaiknya menghentikannya?

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment