Memulai Program Aktifitas Fisik-Olahraga Untuk Kesehatan Tubuh

Bookmark and Share
Assosiasi kesehatan jantung amerika serikat merekomendasikan bagi semua remaja untuk melakukan olahraga atau aktifitas fisik sedikitnya 30 menit setiap harinya, atau sedikitnya lebih dari satu hari dari pada tidak sama sekali. Jika anda sedang mencoba menurunkan berat badan atau dalam usaha mempertahanakn berat badan agar tetap dalam kontrol dan tidak menjadi kelebihan berat badan atau overweight, anda sebaiknya melakukan olahraga sedikitnya 60 menit tiap harinya. Berikut ini 10 tips dalam memulai program olahraga yang sangat berguna disamping dapat menjaga berat badan juga untuk kesehatan anda dimasa kini dan masa yang akan datang terutama kesehatan jantung:
  1. Pakai pakaian yang nyaman dan sepatu karet yang nyaman atau sepatu standar dengan tali sepatu.
  2. Mulailah berolahraga secara bertahap dimulai dengan pelan-pelan. Secara bertahap sampai menjadi terbiasa sehingga dapat mencapai sedikitnya 30 menit setiap harinya dalam satu minggu.
  3. Tiap hari lakukanlah olahraga pada waktu atau jam yang sama dan jadikan itu sebagai bagian dari keteraturan, pola serta gaya hidup anda. Misalnya anda selalu melakukan olahraga atau aktifitas fisik jalan santai setiap hari senin, rabu, jumat dan minggu mulai dari jam 6-7 pagi.
  4. Minumlah air secukupnya sebelum, selama dan setelah berolahraga atau aktifitas fisik (akan tetapi konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, karena beberapa orang perlu membatasi intake cairannya atau kebutuhan intake yang berbeda-beda karena jenis dan tipe olahraga/aktifitas yang berbeda pula).
  5. Mintalah teman atau anggota keluarga untuk berolahraga secara bersama-sama, sehingga aktifitas fisik atau olahraga yang anda lakukan akan jauh lebih menyenangkan. Atau anda dapat bergabung dengan kelompok-kelompok olahraga, klub kesehatan dan lain sejenisnya. Ingatlah untuk meminta saran dan petunjuk dari dokter sebelum anda memilih jenis dan tipe olahraga/aktifitas fisik.
  6. Buatlah suatu catatan tentang aktifitas yang anda lakukan pada suatu kalender. Tulislah jarak atau lama waktu anda beraktifitas/olahraga dan bagaimana perasaan anda setelah sesi olahraga selsesai. Jika anda melewatkan satu hari latihan, rencanakan untuk menambahkan 10-15 menit pada sesi latihan berikutnya.
  7. Lakukan aktifitas fisik/olahraga yang bervariasi agar anda tidak bosan dan selalu tertarik untuk berolahraga. Misalnya satu hari jalan santai, hari berikutnya berenang, kemudian bersepeda pada akhir pekannya.
  8. Cobalah dalam setiap harinya untuk melihat banyak peluang untuk menjadi lebih aktif. Misalnya jalan-jalan di mall sebelum berbelanja, memilih melewati tangga manual sebagai ganti eskalator dan banyak kesempatan lainnya dalam beraktifitas sehari-hari.
  9. Jangan berkecil hati apabila suatu waktu anda berhenti sementara waktu. Mulailah kembali untuk beraktiftas/berolahraga secara bertahap atau pelan-pelan dan lambat laun sampai mencapai satu sesi olahraga yang dianjurkan baik dari segi waktu, intensitas serta jenis olahraga.
  10. Jangan beraktifitas/olahraga tepat setelah anda makan, atau saat panas/lembab atau saat anda tidak merasa sehat untuk berolahraga.
Jadikan olahraga sebagai satu bagian dari gaya hidup anda yang sangat bermanfaat bagi kesehatan anda sekarang dan masa yang akan datang.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment