Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Saturday, April 21, 2012

Perawatan kulit yang proaktif, dari melakukan perlindungan kulit sampai suatu teknik mencukur rambut yang baik dan benar akan sangat membantu menjaga dan memelihara kulit anda tetap segar dan muda serta sehat. Karena gaya hidup seseorang yang sibuk sehingga waktu untuk memperhatikan dan memanjakan kulit menjadi sedikit dan kurang untuk perawatan kulit. Hasilnya adalah kulit tidak lagi halus. Lambat laun seiring bertambahnya usia seseorang, kulit secara bertahap akan menjadi lebih tipis dan berkerut atau keriput. Produksi minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebaseus menjadi kurang aktif, yang menjadikan kulit menjadi lebih kering. Jumlah pembuluh darah pada kulit menurun, sehingga kulit menjadi lebih mudah pecah sehingga anda akan kehilangan warna dan cahaya kulit yang terlihat muda.

Perawatan kulit yang baik seperti menghindari kontak langsung dengan sinar matahari, membersihkan kulit dengan lemah lembut, pemakaian mousturizer secara teratur dapat membantu seseorang dalam memperlambat proses penuaan kulit secara alami dan mencegah timbulnya beberapa masalah pada kulit. Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan sederhana yang akan membantu anda melindungi dan menjaga kulit tetap sehat.

1. Lindungi kulit anda dari sinar matahari

Cara utama dalam perawatan kulit adalah melindungi kulit dari sinar matahari. Sinar ultraviolet pada matahari bersifat tidak terlihat oleh mata telanjang akan tetapi sangat berbahaya dan merusak kulit, menyebabkan kulit berkerut atau keriput, kering, kulit kasar, bintik-bintik, dan lebih banyak lagi gangguan serius yang dapat terjadi seperti tumor kulit, baik yang bersifat kanker ( cancerous / maligna ) ataupun bukan kanker ( benigna / noncancerous ). Pada kenyataannya, rata-rata perubahan yang terlihat pada penuaan kulit sebenaranya adalah disebabkan oleh paparan sinar matahari secara terus menerus dan berlangsung lama dari waktu ke waktu.

Guna perlindungan kulit dari matahari secara penuh, gunakanlah tiga metode berikut:
  1. Hindari kontak sinar matahari pada jam-jam dimana sinar ultraviolet sangat kuat dan berdifat berbahaya bagi kulit dan kesehatan kulit. Sinar ultraviolet yang berbahaya dan merusak kulit yaitu antara jam 10 pagi sampai jam 4 sore. Hindari kontak dengan sinar matahari pada jam-jam tersebut.
  2. Gunakan pakaian sebagai pelindung. Tutupi kulit anda dengan pakaian pelindung, seperti kaos atau baju lengan panjang, celana panjang dan topi berpinggir lebar (rekomendasinya adalah lebar pinggir 6 cm (kanan, kiri, depan, belakang). Juga tetap selalu berpikiran bahwa cara berpakaian tertentu dan kain tertentu menawarkan perlindungan yang lebih bagus terhadap sinar matahari daripada cara berpakaian dan tipe kain yang lain. Sebagai contoh, baju lengan panjang menawarkan proteksi yang lebih baik dari pada baju lengan pendek. Dan kain tenun yang rapat seperti denim lebih memberikan perlindungan yang baik daripada kain tenun yang dirajut dengan tidak/kurang rapat. Sekarang ini beberapa perusahaan membuat pakaian pelindung matahari atau yang dikenal dengan spf clothing, yang didesain secara khusus untuk menghalangi sinar ultraviolet masuk dan menjaga pemakainya tetap sejuk dan nyaman.
  3. Gunakan sunscreen. Gunakan produk sunscreen pada kulit anda dan pilihlah sunscreen dengan spektrum yang lebih luas yaitu dengan sun protection faktor atau spf lebih dari 15. Gunakanlah produk sunscreen tersebut 20 menit sebelum anda melakukan kontak dengan matahari dan gunakan kembali setiap dua jam, setelah anda berkeringat atau setelah kontak atau berada pada lingkungan air.
2. Jangan merokok


Kebiasaan merokok dapat mempercepat proses penuaan kulit dan meningkatkan terjadinya pengerutan atau keriput pada kulit. Perubahan-perubahan kulit yang diakibatkan kebiasaan merokok dapat ditunjukkkan pada orang dewasa muda setelah merokok selama 10 tahun.

Merokok menyebabkan hambatan pada pembuluh-pembuluh darah kecil pada permukaan kulit yang paling luar. Hal ini menyebakan penurunan aliran darah, kulit kurang oksigen dan nutrisi, seperti vitamin A yang penting untuk kesehatan kulit. Semua faktor-faktor tersebut beresiko meningkatkan kerusakan pada serat elastis dan kolagen dimana serat elastis atau elastin pada kulit dan kolagen berfungsi menguatkan dan membuat elastis kulit.

Sebagai tambahan, ekspresi muka yang berulang-ulang pada saat seseorang merokok seperti mengerutkan bibir dan mengedipkan mata untuk menjaga keluarnya asap bisa memberikan sumbangsih timbulnya keriput atau kerutan pada kulit. Akibat kontak langsung muka dengan api rokok secara berulang-ulang dalam waktu yagn lama pada waktu merokok juga bisa berkemungkinan dapat merusak kulit pada wajah.

3. Membersihkan atau mencuci kulit dengan lembut.

Memberishkan kulit merupakan suatu bagian dari perawatan kulit. Kuncinya adalah bersihkan kulit anda dengan atau secara lembut. Berikut beberapa tips dan cara membersihkan kulit:
  1. Gunakan air hangat dan batasi waktu mandi anda. Air panas dan mandi dalam waktu yang lama akan berdampak pada pengurangan atau hilangnya minyak pada kulit. Jadi batasi durasi anda mandi sekitar 15 menit atau kurang dan lebih baik gunakan air hangat daripada air yang panas.
  2. Hindari penggunaan sabun dengan bahan kimia kuat. Sabun berbahan kimia kuat akan lebih banyak menghilangkan minyak pada kulit, dapat membuat kulit anda menjadi kering. Sebagai gantinya gunakan sabun yang berkimia sedang atau rendah atau deterjen pengganti lainnya dengan menambahkan minyak atau lemak. Beberapa sabun yang dapat anda pilih diantaranya Dove, Vanicream, Cetaphil dan Purpose.
  3. Hindari produk-produk tambahan atau pelengkap yang sifatnya irritan terhadap kulit. Jika kulit anda sensitif, sebaiknya hindari produk-produk atau barang seperti parfum atau pewarna. Produk yang berisi parfum atau perwarna bisa mengakibatkan iritasi pada kulit atau bahkan alergi.
  4. Bersihkan makeup mata anda dengan cermat dan hati-hati. Gunakan spons halus, kapas atau kain kapas berbentuk bola saat membersihkan makeup mata untuk menghindari rusaknya jaringan kulit halus sekitar mata. Jika makeup anda tebal, tahan terhadap air, anda mungkin memerlukan produk berbahan dasar minyak seperti Eucerin, Aquaphor atau petroleum jelli untuk membersihkan makeup tersebut.
  5. Cara Mengeringkan kulit. Setelah anda mandi, keringkan kulit dengan lembut, tepuk dan keringkan kulit dengan handuk agar kelembapan air pada kulit tetap berada pada kulit. Sehabis itu secepatnya gunakan minyak atau cream pelembab untuk melembabkan kulit.
4. Pelembaban kulit secara teratur.


Produk moisturiser membantu memelihara tingkat kelembaban kulit alami tubuh. Moisturiser bekerja dengan cara menyediakan suatu segel seperti penutup diatas kulit untuk mencegah air keluar pada kulit atau dengan melepaskan secara perlahan air ke dalam kulit.

Moisturiser atau pelembab yang cocok dan frekuensi pemakaian yang diperlukan tergantung pada banyak faktor. Faktor-faktor tersebut diantaranya jenis kulit, umur dan apakah seseorang mempunyai keadaan khusus seperti jerawat. Salah satu cara yang baik untuk menguji apakah anda memerlukan moisturiser adalah dengan cara menguji kelembaban kulit yaitu setelah anda mandi tunggu selama 20 menit. Jika kulit anda terasa tegang maka sebaiknya anda menggunakan dan perlu memakai moisturiser.

Pilihlah Moisturiser atau pelembab dengan spf sedikitnya 15 untuk menjaga dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang merusak kulit. Jika kulit anda sensitif, carilah produk moisturiser yang bebas pewarna berat, parfum, atau bahan tambahan lainnya yang sifatnya menimbulkan iritasi kulit atau alergi. Jika kulit anda sangat kering, anda mungkin perlu memakai minyak seperti baby oil saat kulit anda masih lembab.

Minyak mempunyai kekuatan yang lebih stabil dibandingkan dengan moisturiser dan mencegah penguapan air pada permukaan kulit. Jika kulit anda berminyak, anda mungkin tidak perlu melakukan pelembaban kulit.

5. Bercukur dengan benar dan hati-hati

Bercukur atau mencukur adalah cara umum dan murah untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan. Akan tetapi proses bercukur bisa menyebabkan iritasi pada kulit, khususnya jika kulit anda tipis, kering atau sangat sensitif. Tips untuk mencukur dengan baik, benar dan mulus:
  1. Dengan kain yang dibasahi air hangat kemudian tekankan pada daerah kulit sebelum mencukur rambutnya untuk melunakkan rambut. Atau lakukan pencukuran rambut setelah anda mandi dengan air hangat.
  2. Jangan mencukur rambut saat kulit kering. Hal ini bisa menyebabkan pisau cukur melukai kulit. Pakailah cream pencukur rambut, lotion atau jel sebelum mencukur rambut sebagai perlindungan dan pelumas kulit.
  3. Gunakan pisau cukur yang bersih dan tajam. Jika anda menggunakan pisau cukur elektrik, jangan memakainya pada tempat yang sangat tertutup atau gelap yang dapat mengakibatkan perlukaan pada kulit karena ruang yang gelap serta pisau yang tajam.
  4. Cara mencukur rambut adalah searah dengan arah pertumbuhan rambut jangan berlawanan dengan arah pertumbuhan rambut
  5. Selesai mencukur rambut pada kulit bersihkan kulit dengan air hangat
Jika iritasi terjadi pada saat mencukur rambut pada kulit, oleskan lotion yang tidak mengandung bahan alkohol ethyl atau isopropyl. Meskipun alkohol dan produk-produk yang berbasis alkohol lainya bisa menimbulkan rasa dingin pada kulit, mereka tidak benar-benar meringankan gangguan iritasi yang terjadi pada kulit karena alkohol bersifat sangat atau dengan cepat menguap dari kulit.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment