Tips Camping/Berkemah Sehat dan Aman

Bookmark and Share
Kemping adalah sebuah cara yang menyenangkan bersama-sama dengan teman-teman atau anggota keluarga untuk menikmati suasana diluar rumah. Berikut ini adalah tips-tips dan beberapa daftar barang bawaan yang sebaiknya anda bawa yang dapat membantu anda memastikan perjalanan camping anda aman dan sehat.

Tips Aman dan Sehat Dalam Berkemah/Camping/Kemping.

Vaksinasi atau imuniasai.

Orang-orang yang camping mungkin dapat mengalami kecelakaan, terluka atau terkena sakit yang diakibatkan karena aktifitas yang mereka kerjakan dan kondisi kehidupan di tempat perkemahan yang tertutup. Vaksinasi dapat membantu memberikan perlindungan terhadap beberapa penyakit dan kondisi-kondisi tertentu. Pastikan imunisasi atau vaksinasi anda dan semua anggota keluarga selalu up to date.

Tanyakan kepada dokter atau perawat apa saja vaksinasi yang direkomendasikan. Dokter atau perawat mungkin akan menyarankan beberapa imunisasi antara lain vaksinasi tetanus, pertussis, meningitis dan atau hepatitis A, hal ini tergantung pada riwayat kesehatan, tempat tujuan berkemah dan faktor-faktor lainnya.

Siapakan makanan yang sehat dan aman.

Bawalah beberapa makanan ringan yang sehat untuk keperluan dan yang anda perlukan selama perjalanan berkemah, antara lain jus, air, buah kering (kismis, apel, biji kurma dan semacamnya), buah segar utuh, kue bakar, dan lain sebagainya.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menjaga makanan anda agar tetap aman:
  1. Kemas makanan yang anda bawa dengan rapat, dalam tas atau wadah lain yang kedap air. Pertahankan makanan tersebut dalam sebuah lapisan pendingin.
  2. Cuci tangan dan telapak tangan selalu.
  3. Pisahkan makanan-makanan mentah dengan makanan yang dimasak.
  4. Masaklah makanan dalam suhu yang sesuai ( daging sapi sebaiknya dimasak pada suhu internal 160 derajat).
  5. Dinginkan makanan tepat pada waktunya (dengan segera).
Praktek keselamatan kebakaran.

Apabila anda membuat api unggun, buatlah dengan aman. Jauhkan dari dahan pohon untuk menghindari kebakaran. Pastikan api unggun yang anda buat dilingkari dengan batu atau bahan logam lainnya. Siapkan ember berisi air yang mudah dan dekat dengan jangkauan anda untuk berjaga-jaga. Jangan pernah meninggalkan api unggun tanpa ada yang mengawasi. Gunakan perlengkapan memasak yang tahan api. Sebelum anda meninggalakan api unggun, pastikan anda mematikan api unggun sampai benar-benar mati dengan benar.

Olahraga atau aktifitas fisik

Camping adalah kesempatan besar untuk melakukan aktifitas-aktifitas fisik atau olahraga. Kerjakanlah hal-hal yang dapat menjaga anda agar tetap aktif selama perjalanan kemping yang anda lakukan, seperti jalan santai, hiking, bersepeda atau berenang. Pastikan juga untuk menggunakan alat pelindung seperti helmet, sepatu yang kuat dan jaket serta perlengkapan pelindung lainya apabila diperlukan. Hindari pohon atau tanaman beracun yang mungkin anda temukan di tempat perkemahan.

Ketahuilah seberapa keterbatasan kemapuan anda dalam beraktifitas dan olahraga, dan ambil langkah-langkah untuk menghindari timbulnya kecelakaan, cedera selama aktifitas olahraga berkemah. Jangan pernah berenang atau hiking/mendaki gunung sendirian. Awasi anak-anak anda dari jarak dekat. Pada orang dewasa/orang tua sebaiknya beraktifitas atau berolahraga selama 30 menit dan untuk anak-anak serta remaja sebaiknya beraktifitas fisik atau olahraga selama 60 menit setiap hari selama 4-6 kali dalam seminggu.

Perlindungan terhadap keracunan karbon monoksida.

Karbon monoksida bersifat tidak berbau dan berwarna dan dapat mengakibatkan sakit atau kematian pada manusia atau hewan binatang. Jangan pernah menggunakan perlengkapan bahan bakar untuk membakar atau menghasilkan panas seperti kompor gas, alat pemanas (gas listrik), lentera, dan arang untuk memanggang didalam tenda atau dekat dengan para peserta kemah atau dekat dengan tempat bernaung. Hal ini dapat menyebabkan terbentuknya karbon monoksida dalam tingkat yang berbahaya.

Pada saat menggunakan peralatan bahan bakar untuk membakar di luar ruangan tenda, jangan mengarahkannya ke dalam ruangan tertutup dimana ruangan ini menjadi tempat bernaung. Daripada menggunakan perlengkapan bahan bakar untuk membakar atau menyediakan panas, para peserta kamping sebaiknya membawa selimut atau pakaian yang memadai dan juga mengkonsumsi kalori ekstra dan cairan pada saat tamasya kamping untuk mencegah terjadinya hipotermi/hypohermia yaitu suatu keadaan berbahaya dimana tubuh kehilangan panas/kehangatan yang dapat mengakibatkan kematian karena kedinginan.

Hindari binatang buas, dan lindungi hewan piaraan anda.

Beberapa binatang buas adalah pembawa atau karier suatu penyakit tertentu yang tentu saja berbahaya bagi manusia, antara lain penyakit rabies, hantavirus (Hantavirus yaitu suatu penyakit virus yang disebarkan atau ditularkan oleh hewan pengerat kepada manusia dan dapat menyebabkan infeksi paru-paru dan ginjal yang berat.), giardiasis (yaitu penyakit infeksi yang menyerang usus halus dan disebabakn oleh parasit giardia lamblia) dan penyakit lainnya.

Hindari bersentuhan, memberi makan atau mendekatinya. Nimatilah melihat binatang-binatang buas dari jarak jauh yang aman dalam habitat alami binantang tersebut. Jaga makanan anda agar tetap dalam tempat penyimpanan yang tertutup dan hindarkan dari jangkauan binatang buas. Pastikan binatang peliharaan yang anda bawa telah divaksinasi. Awasi mereka dari jarak dekat. Periksalah apabila ada kutu pada binatang piaraan anda dan singkirkan dengan segera apabila mereka berdekatan dengan binatang buas. Pastikan kebutuhan untuk binatang peliharaan anda tercukupi seperti air, makanan dan tempat istirahatnya.

Perlindungan dari Gigitan hama seranggga.

Nyamuk, kutu dan insekta lainnya juga dapat menyebabkan penyakit-penyakit tertentu. Sebagai contoh, nyamuk dapat menyebabkan atau menjadi media penularan penyakit demam berdarah, malaria dan kutu dapat menyebkan penyakit lyme yaitu suatu peradangan akut dengan tanda adanya perubahan kulit, peradangan sendi serta gejala-gejala yang hampir mirip dengan gejala influensa.

Untuk membantu anda melawan dan melindungi diri anda dari gigitan hama insekta pakailah produk penolak seranggga/insekta yang berisi bahan yang didalamnya mengandung bahan DEET untuk pakaian dan kulit anda yang berpotensi kontak dengan serangga tersebut. Pakailah produk penolak serangga permethrin pada pakaian anda untuk membantu menjaga agar kutu tidak menempel pada pakaian anda. Jangan lupa bacalah cara penggunaan produk pada label produk yang anda gunakan. Periksalah dengan rutin adanya kutu, dan segera hilangkan atau keluarkan mereka. Kenakan celana dan baju lengan panjang dan pakaian yang berwarna terang untuk mencegah dari gigitan nyamuk atau mencegah kutu menempel dengan mudah.

Mempertahankan Suhu.

Untuk membantu anda agar tidak mengalami hipotermia pada suhu udara dingin di malam hari, bawalah pakaian dan selimut yang memadai agar tetap hangat. Gunakan kain berdasar plastik dibawah tenda anda agar tenda anda tetap kering.

Untuk membantu menjaga diri anda dari suhu panas yang dapat menyebabkan sakit seperti dehidrasi pada saat cuaca panas, minumlah cukup banyak cairan non alkohol dan cairan atau air tanpa adanya kandungan gula. Jangan menunggu hingga anda merasa kehausan. Kenakan pakaian dengan lapisan tidak berat, berwarna terang dan pakaian yang agak longgar. Seringlah beristirahat di tempat teduh. Lidungi diri anda dari sinar matahari yang berbahaya.

Lindungi diri anda dari sinar matahari.

Sinar ultraviolet (uv) dari matahari dapat menyebabakan kanker kulit, penuaan dini, katarak (bahkan pada cuaca berawan sekalipun). Gunakan sunscreen atau pelindung matahari spektrum luas untuk melawan sinar ultraviolet A (UVA) dan sinar ultra violet B (UVB) dengan sun protection factor 15 (spf 15) atau dengan spf yang lebih tinggi. Lihatlah bayangan, umumnya sinar matahari yang paling kuat dan berbahaya bagi kesehatan yaitu antara pukul 10:00 pagi sampai pukul 16-00 atau jam 4 sore. Tutupi kulit anda yang dapat kontak dengan pakaian, topi yang berpinggir lebar dan kacamata hitam.

Hindari air yang dapat menyebabkan penyakit atau kejadian yang tidak inginkan.

Kemping atau berkemah sering berkaitan dengan bermain di dalam air atau daerah sekitar air. Untuk membantu melindungi diri anda dan para peserta kemah lainnya dari penyakit atau sakit yang dapat diakibatkan oleh air atau medianya, jangan berenang jika anda sedang diare, dan jangan minum air pada saat berenang atau menelan air pada saat berenang. Bilas atau mandi sebelum dan sesudah berenang. Jangan berenang sendirian. Apabila anda berencana untuk naik perahu, naik sampan atau transportasi air lainnya, pastikan untuk menggunakan pelampung. Hindari minum alkohol yang dapat menyebakan anda mabuk sehingga terjadi kecelakaan tenggelam dan lain sebagainya.

Selau siap siaga.

Selalu anda siapkan apabila terjadi hal-hal yang tidak terduga. Sebelum anda bepergian, amati cuaca, pelajari tentang keamanan di lokasi kemping, dan beritahukan kepada keluarga atau teman-teman tentang apa saja rencana yang anda buat. Mengetahui apa yang harus dilakukan pada saat tidak ada toilet di tempat kemah. Pastikan untuk membawa kotak pertolongan pertama pada kecelakaan (p3k), kompas atau gps, peta, lampu senter, battery, makanan dan obat-obatan. Mengetahui siapa yang dihubungi pada tempat kemah untuk melaporkan persoalan atau masalah yang mungkin muncul di tempat perkemahan/kemping. Pada saat anda kembali pulang, periksalah kutu, keracunan dari tanaman atau pohon beracun dan masalah-masalah lainnya.

Daftar barang bawaan:

Ingatlah untuk membawa:
  1. Selimut yang memadai, bantal tidur, selimut tambahan atau selimut ekstra.
  2. Pakaian berwarna terang, baju lengan panjang dan celana panjang.
  3. Kain berdasar plastik dan tenda.
  4. Penolak seranggga/insekta yang mengandung DEET untuk kulit.
  5. Permethrin penolak serangga khusus pakaian.
  6. Sunscreen spektrum luas dengan spf 15 atau lebih tinggi.
  7. Topi berpinggir lebar dan kacamata hitam.
  8. Snack atau makanan ringan sehat dan makanan lain yang anda perlukan.
  9. Air dan cairan tanpa alkohol dan bebas gula.
  10. Lapisan pendingin.
  11. Pelampung, helmet/helm, dan alat atau pakaian pelindung lainnya.
  12. Kotak P3K.
  13. Kompas atau GPS.
  14. Peta.
  15. Lampu senter.
  16. Battery dan battery cadangan/ekstra.
  17. Sepatu yang kuat.
  18. Seperangkat pakaian ekstra.
  19. Catatan medis, termasuk catatan vaksinasi: alergi serangga/insekta, alergi makanan, alergi tanaman atau tumbuhan tertentu serta catatan alergi lainnya. Catata penyakit dan kondisi kesehatan: obat-obat yang sedang diminum, jadwal minum obat dan petunjuk penyimpanan obat. Kontak yang dihubungi apabila timbul kondisi darurat atau masalah lainnya, dan catatan perintah dokter atau perawat mengenai aktifitas-aktifitas yang harus dihindari.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment