Pengobatan Obesitas Anak dengan cara Medis

Bookmark and Share
Seperti pada artikel sebelumnya bahwa dalam therapi atau pengobatan obesitas atau kegemukan pada anak dua hal yang paling utama adalah perubahan dalam diet anak dengan diet sehat dan Cara meningkatan aktifitas fisik dari sang anak. Kedua hal tersebut sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Berikut adalah salah satu cara dari pengobatan kegemukan pada anak atau masa kecil secara medis atau medication.

Dua jenis obat dengan resep dokter yang biasanya dipakai dalam usaha menurunkan berat badan bagi pada remaja yaitu sibutramine (Meridia) dan Orlistat (Xenical). Sibutramine dianjurkan dan diperbolehkan bagi remaja dengan usia lebih dari 16 tahun, bekerja dengan cara mengubah unsur kimia otak sehingga membuat tubuh anak merasa lebih kenyang dengan lebih cepat. Orlistat dianjurkan dan diperbolehkan untuk remaja dengan usia lebih dari 12 tahun, bekerja dengan cara mencegah penyerapan lemak ke dalam usus.

Kedua obat jenis diatas tidak diperjualbelikan secara bebas atau jumlahnya terbatas pada toko-toko obat. Kedua obat tersebut harus dengan resep dokter dan tersedia ketersediaannya pada apotik-apotik dan instalasi farmasi. Meskipun obat tersebut dapat mudah dijumpai pada apotik-apotik dapat dibeli tanpa melaui resep dokter (Orlistat) , Obat tipe Orlistat sebaiknya digunakan bagi anak dengan usia belasan tahun atau dibawah usia 18 tahun.

Pengobatan obesitas pada anak dengan obat-obatan sebaiknya jangan sering diberikan. Karena resiko mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang lama masih belum diketahui, dan pengaruhnya pada penurunan dan pemeliharaan berat badan bagi para remaja masih dipertanyakan. Sekali lagi, obat-obatan penurun berat badan bukan meruipakan pengganti dari suatu kebutuhan akan cara diet sehat dan olahraga bagi pengobatan kegemukan pada anak.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment