Tidur Sambil Berjalan: Gejala, Penyebab dan Pengobatannya?

Bookmark and Share
Apa itu Tidur Berjalan?. Tidur berjalan adalah suatu kelaianan atau kekacauan dalam bagian diri anak, tapi tidak sepenuhnya, dimana anak terjaga/bangun pada waktu malam hari. Sang anak mungkin bejalan atau melakukan hal-hal lain tanpa ingatan apapun dalam melakukannya.

Apa gejala-gejala tidur berjalan?
Anak mungkin duduk di tempat tidur dan mengulang gerakan-gerakan tertentu, seperti menggosok-gosok matanya atau meraba-raba pakaian. Anak mungkin keluar dari tempat tidurnya dan berjalan-jalan di sekitar ruangan tempat tidur. Anak mungkin akan terlihat kebingungan, dan gerakan-gerakan dan bicaranya kaku, canggung, kikuk atau janggal. Saat anda berbicara dengan anak anda, dia biasanya tidak menjawab pertanyaan anda.

Apa yang sebaiknya anda lakukan jika anak anda tidur berjalan?

Hal terpenting yang dapat anda lakukan adalah mencegah terjadinya cedera dengan menghilangkan benda-benda berbahaya di daerah dimana anak dapat meraihnya pada saat tidur sambil berjalan. Anda sebaiknya menjaga agar pintu dan jendela tetap tertutup dan terkunci. Hal ini sangat penting khususnya jika anda tinggal di sebuah apartemen. Apabila diperlukan, anak anda harus dan wajib untuk tidur di lantai dasar dari rumah atau apartemen yang anda tempati.

Anda sebaiknya tidak berteriak atau menimbulkan bunyi keras untuk membangunkan anak anda. Anda sebaiknya tidak menggocang-goncang, menggoyang-goyang anak anda untuk membangunkannya. Pada saat anda menemukan anak anda tidur sambil berjalan, anda sebaiknya dengan pelan-pelan mengarahkan anak anda kembali ke tempat tidurnya. Yang terakhir, anda jangan pernah membuat mereka merasa malu tentang apa yang dia alami mengenai tidur sambil berjalan.

Perlukah anda cemas?

Anda tidak perlu cemas, kawatir, gelisah apabila anak anda tidur sambil berjalan. Kebanyakan anak yang tidur sambil berjalan tidak mempunyai masalah atau gangguan emosional.

Bagaimana Pengobatannya?

Pada umumnya tidak diperlukan pengobatan spesifik untuk mengobati kelainan tidur sambil berjalan. Kebanyakan anak akan meninggalkan kebiasaan tidur sambil berjalan tersebut. Jika kebiasaan tidur sambil berjalan berlangsung dalam waktu yang lama, konsultasikan hal ini dengan dokter. Dokter mungkin ingin melihat masalah tersebut dengan lebih dekat dan detail.

Beberapa obat dapat digunakan untuk mengobati tidur sambil berjalan. Dokter mungkin akan menyarankan anda untuk mencatat dalam sebuah buku diary tidur/sleep diary catatan tentang waktu-waktu pada saat anak anda tidur sambil berjalan. Membangunkan anak sekitar 15 menit sebelum dia biasanya tidur sambil berjalan terkadang dapat menyelesaikan masalah. Bicarakan dan konsultasikan dengan dokter ahli sebelum anda menjalankan metode ini sebagai pengobatan.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment