Pengertian Autisme Anak, Tanda, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan

Bookmark and Share
Autisme adalah suatu kelainan otak yang berpengaruh pada perkembangan seseorang. Orang-orang yang mengalami autisme mempunyai gangguan atau masalah dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Seorang anak autisme mungkin akan terlihat sangat linglung, terkucil atau terasing, mungkin mereka tidak ingin melakukan kontak mata dengan orang lain, mungkin juga tidak berbicara atau bermain seperti yang anak lain lakukan atau mungkin mereka mengulang-ulang gerakan dan tingkah laku tertentu secara terus menerus dan berlebihan, lagi lagi dan lagi.

Tanda-tanda autisme dapat bervariasi dari orang ke orang. Tanda-tanda tersebut dapat memburuk pada beberapa orang dan pada yang lainnya tidak. Dua kategori austisme yaitu low functioning autism dan high functioning autism. Orang-orang dapat mengatakan bahwa seseorang mengalami low functioning autism atau high functioning autism tergantung atas beratnya gejala-gejala dan hasil pemeriksaan IQ/ intelligence atau tingkat kecerdasan seseorang. High functioning autism menggambarkan jenis autisme dengan sedikit gejala berat, sementara itu low functioning autism menggambarkan jenis autisme dengan adanya banyak gejala-gejala berat.

Tanda-tanda umum autisme:
  1. Menghindari kontak langsung seperti pelukan atau kontak mata.
  2. Tidak menjawab panggilan atau suara lainnya.
  3. Tidak menjawab jika ditanya tentang namanya.
  4. Tidak berbicara atau menggunakan bahasa dengan benar.
  5. Menggelengkan/mengombang-ambingkan bolak-balik, memutar atau membenturkan kepalanya.
  6. Tatapan atau pandangan mata hanya pada sebagian objek, seperti pandangan pada bagian roda dari sebuah mainan mobil.
  7. Tidak memahami gerak isyarat tangan atau bahasa tubuh.
  8. Tidak berpura-pura atau bermain dengan permainan-permainan yang membuat percaya.
  9. Sangat perhatian dengan urutan, rutinitas/kebiasaan sehari-hari atau ritual dan menjadi gelisah, cemas jika rutinitas tersebut berubah atau terganggu.
  10. Mempunyai ekspresi wajah datar atau penggunaan suara yang monoton.
  11. Melukai dirinya sendiri atau tidak takut akan bahaya.
Apa saja penyebab Autisme?
Dokter tidak tahu pasti apa penyebab autisme. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyebab autisme adalah genetik atau keturunan. Beberapa masalah kesehatan tertentu atau lingkungan anak mungkin juga ikut berperan menjadi sebab autisme. Dalam banyak kasus autisme, penyebab dari autisme anak tidak pernah diketahui dengan jelas. Laki-laki sepertinya lebih mungkin menderita autisme ketimbang anak perempuan. Study dan pembelajaran tentang autisme masih terus dilakukan untuk mengetahui apa penyebab autisme.

Dapatkah vaksin atau imunisasi/vaksinasi menyebabkan autisme?
Tidak bisa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara autisme dan vaksinasi atau imunisasi anak seperti imunisasi measles/campak, mump/gondok dan vaksin rubella.

Vaksin, vaksinasi atau imunisasi merupakan bagian penting dari kesehatan anak, Jika anda masih bingung tentang keamanan vaksin, konsultasikan dengan dokter untuk lebih jelasnya.

Bagaimana mendiagnosa autisme?
Tidak ada pemeriksaan laboratorium yang dapat mendeteksi autisme. Autisme seringkali didiagnosa pada saat seorang bayi atau anak-anak yang baru belajar berjalan tidak bertingkah laku sesuai dengan harapan berdasarkan usianya. Jika dokter berpendapat bahwa anak anda adalah penderita autisme, dokter mungkin akan menyarankan kepada anda untuk membawa anak anda ke ahli psikiater anak atau seorang ahli spesialis dalam bidang tersebut. Mereka mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan dan test kepada anak anda untuk melihat apabila anak menunjukkan gejala-gejala autisme.

Apabila anak anda autisme, apakah itu berarti dia mengalami retardasi mental?
Banyak anak dengan autisme juga mengalami retardasi mental, tapi ada juga yang tidak. Sangat sulit untuk melakukan pemeriksaan pada anak autisme. Hal tersebut dikarenakan mereka tidak memberikan respon terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Seorang ahli autisme dapat memberikan test atau pemeriksaan khusus kepada anak anda yang akan dapat memberitahukan kepada anda banyak informasi tentang kondisi anak secara detail.

Beberapa anak autisme memiliki kemampuan khusus, seperti kemampuan untuk mengerjakan soal matematika yang rumit dalam pikiran mereka. Akan tetapi, kemampuan khusus seperti itu sangat jarang dijumpai pada anak autistik.

Pada masa bayi, anak terlihat baik-baik saja, mengapa sekarang anak anda terlihat seperti autisme?
Kita tidak mengetahui mengapa hal itu terjadi, tapi sekitar 20 % anak dengan autisme memperlihatkan perkembangan yang normal pada 1-2 tahun pertama. Kemudian, bayi tersebut mengalami apa yang disebut dokter dengan regresi. Hal ini berarti bahwa mereka kehilangan kemampuan yang mereka punyai sebelumnya, seperti kemampuan berbicara.

Bagaimana autisme diobati?

Beberapa pengobatan untuk autisme telah tersedia. Penelitian menunjukkan bahwa perlakuan yang sangat intensif dan terapi bahasa dapat membantu pada beberapa anak. Tidak ada obat yang bisa mengobati autisme itu sendiri, tapi obat-obatan bisa membantu mengatasi beberapa gejala autisme, seperti tingkah laku agresif anak atau gejala tidak bisa tidur. Konsultasikan dengan dokter tentang jenis-jenis pengobatan yang terbaik pada autisme untuk buah hati anda.

Dengan terapi beberapa anak bisa meningkatkan atau memperbaiki kondisinya pada saat mereka dewasa. Kemampuan bahasa secara individual pada anak dan tingkat klecerdasannya secara umum mungkin membantu memperkirakan apa yang akan terjadi dalam kasus autisme pada dirinya.

Jika anda mempunyai seorang anak autisme, apakah anda lebih mungkin mempunyai anak dengan autisme pada anak anda yang lain?

Saudara laki-laki dan perempuan dari anak autisme mempunyai kesempatan sekitar 5 % untuk berkembangnya autisme pada diri mereka. Sepertinya ada resiko lain yang lebih tinggi bagi saudara kandung dari anak autisme yaitu terjadinya cacat atau ketidakmampuan lain dengan proporsi sekitar 10-40 %, seperti ketidakmampuan dalam belajar.

Jika anda berpikir untuk memiliki anak lagi, konsultasikan dengan dokter tentang apakah itu akan membantu anda untuk membicarakannya dengan seorang konsultan ahli genetika.

Sindroma Asperger

Sindrom asperger adalah suatu kondisi yang sangat mirip dengan high functioning autism. Secara khusus, orang-orang dengan sindroma asperger mempunyai IQ yang normal dan beberapa diantaranya memperlihatkan ketrampilan luar biasa atau ketertarikan dalam suatu area atau tempat tertentu. Sementara itu perkembangan bahasa verbal dianggap normal, orang-orang dengan sindrome asperger dapat mempunyai masalah menggunakan bahasa verbal dengan benar dalam situasi sosial. Mereka mungkin juga mengalami kesulitan berkomunikasi dengan cara-cara non verbal seperti kontak mata, memahami dan mengerti ekspresi wajah dan penggunaan isyarat atau bahasa tubuh. Kemampuan sosial umum seperti membangun hubungan dan menyesuaikan situasi dan kondisi baru dapat juga di pengaruhi dengan terapi. Bahkan, orang-orang dengan sindrome asperger dapat selalu belajar bagaimana berhadapan dengan kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi melalui terapi komunikasi dan perilaku.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment