Menjaga Kesehatan anak dan Keluarga

Bookmark and Share
Informasi dibawah ini dipublikasikan sebagai bagian dari prakarsa gerakan rakyat amerika dari AAFP (American Academy of Family Physicians).

Kebiasaan Makan Sehat.

Bagi anak-anak dan orang tua:
  1. Mulailah hari anda dengan sarapan pagi yang sehat. Dengan sarapan pagi akan mengisi kembali tubuh anda dan memberikan tenaga untuk aktifitas harian anda.
  2. Biarkan anak-anak terbantu dalam merencanakan makanan setiap minggu dan makan bersama sesering mungkin.
  3. Makanlan dengan pelan-pelan. Perlu waktu 20 menit bagi otak untuk menyatakan bahwa anda sudah penuh.
  4. Makanlah lebih banyak sayuran dan buah segar. Dengan sasaran atau target total konsumsi buah dan sayuran sebanyak 2 mangkuk buah dan 2.5 mangkuk sayuran setiap hari.
  5. Makanlah lebih banyak biji-bijian murni (seperti, gandum, beras merah, gandum hitam, biskuit, tepung gandum). Cobalah untuk makan sedikitnya 3 ons setiap hari.
  6. Minum cukup banyak cairan. Pilihlah air, rendah lemak atau susu tanpa lemak dan rendah kalori.
  7. Sediakan makanan yang bervariasi.
Untuk orang tua:
  1. Berikan semacam imbalan atau reward pada anak dengan hadiah bukan dengan makanan.
  2. Sediakan makanan dalam porsi kecil. Jangan tuntut atau beri hadiah untuk makanan yang habis. Biarkan anak anda meminta tambah sendiri jika mereka masih merasa lapar.
  3. Bacalah label makanan yang berisi kandungan zat gizi, ukuran dan informasi kalori dalam makanan. Informasi pada label makanan dapat membantu anda dalam memilih makanan-makanan yang terbaik untuk hidangan dalam keluarga anda dan guna perencanaan makanan ringan/snack.
  4. Kurangi pemakaian minyak dan panggang, sate atau bakar makanan untuk mengurangi lemak. Jika dibandingkan dengan mentega atau minyak sayur, cobalah gunakan jenis yang lebih menyehatkan seperti minyak zaitun, canola atau minyak bunga matahari.
  5. Makanan ringan yang disajikan sebaiknya mengandung zat-zat gizi dan juga energi, yang penting untuk kegiatan anak dan pertumbuhannya.
  6. Tetap sediakan di dalam rumah anda berbagai variasi makanan ringan, seperti buah segar, sayur-sayuran, kraker dan makanan dari tanaman biji-bijian. Cobalah makanan berkalori rendah atau berlemak rendah, seperti keripik panggang, kurangi makanan sereal yang manis atau makanan dengan sedikit campuran minyak.
Menjadi Lebih Aktif

Bagi anak dan Anggota keluarga:
  1. Banyak bergerak, Cobalah untuk berolahraga atau beraktifitas fisik antara 30-60 menit setiap hari.(baca juga artikel langkah memulai berolahrga)
  2. Lakukanlah aktifitas fisik yang teratur sebagai bagian dari rutinitas harian anda yang menyenangkan. Misalnya mengajak serta anggota keluarga untuk jalan santai bersama sebelum atau sesudah makan.
  3. Batasi waktu menonton TeleVisi, Komputer dan video game sampai jumlah total satu sampai 2 jam setiap harinya.
  4. Seimbangkan antara kalori energi dengan kalori aktifitas. Jumlah energi yang anda dapat dari makanan dan minuman sebaiknya sama dengan kalori yang anda bakar dalam aktifitas sehari-hari. Jumlah kebutuhan energi kalori tiap orang berbeda-beda berdasarkan usia dan aktifitas seseorang.
  5. Tingkatkan aktifitas rumah tangga. Sebagai contoh jalan santai, menyapu, berkebun, membersihkan debu dengan alat penyedot debu dan aktifitas rumah tangga lainnya. Aktifitas-aktifitas tersebut merupakan cara-cara yang baik untuk membakar kalori.
  6. Sertakan aktifitas seperti hiking atau naik sepeda saat anda berlibur.
  7. Buatlah waktu bermain dengan keluarga agar dapat menjadi lebih aktif dengan bermain bola basket atau berjalan-jalan di taman.
Bagi orang tua:
  1. Banyak bergerak/beraktifitas. Jalan santai adalah suatu cara mudah untuk menjadi lebih aktif setiap hari.
  2. Parkirlah kendaraan (mobil, motor) lebih jauh dari kantor anda atau dari mall saat anda belanja dan lanjutkan dengan jalan kaki.
  3. Gunakan tangga manual sebagai ganti elevator.
  4. Jika anda naik kendaraan umum, berhentilah sebelum tempat pemberhentian anda dan lanjutkan dengan berjalan kaki.
  5. Gunakan mesin/alat olahraga atau angkat beban sambil anda nonton televisi.
  6. Apabila anda bepergian dalam jarak dekat, lakukanlah dengan jalan kaki.
  7. Jadilah contoh bagi anak-anak anda. Lakukan seseuatu dengan aktif setiap hari.
Kebiasaan-kebiasaan sehat untuk kehidupan anda:
  1. Catatlah apa yang anda makan: berapa banyak, kapan dan mengapa. Sebagai contoh, apa yang anda makan pada saat anda stress/tertekan?
  2. Buat catatan aktifitas fisik yang anda lakukan: berapa lama, seberapa sering dan seberapa giat/keras anda mengerjakannya.
  3. Makan hanya dimeja dapur. Sementara anda makan, jangan lakukan kegiatan seperti menyetir, melihat televisi atau berbicara di telpon. Hal ini membantu anda untuk fokus pada berapa banyak yang anda makan, yang dapat mencegah terjadinya makan makanan secara berlebihan.
  4. Keluarkan pakaian olahraga anda malam harinya sebagai peringatan untuk berolahraga atau beraktifitas seperti jalan santai atau berolahraga di pagi harinya.
  5. Tentukan sasaran atau rencana tujuan yang ingin anda capai. Sebagai contoh, sasaran atau berapa banyak anda makan sayuran dan berapa banyak makanan yang mengandung sedikit kalori yang sebaiknya akan dan ingin anda konsumsi.
  6. Jangan minum minuman keras diatas ukuran yang ditentukan-32 ons dari aturan soda diatas 400 kalori.
  7. Makanlah hanya sampai anda tidak merasa lapar dan kemudian sudahi makan. Jangan makan sekenyang-kenyangnya.
  8. Makanlah hanya karena anda lapar, bukan karena anda bosan, lelah atau stress. Gunakan cara-cara lain sebagai ganti makan saat anda tidak lapar misalnya jalan santai, bermain game, membaca buku atau menelpon teman atau ngobrol-ngobrol langsung dengan teman.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment