Pengobatan dan Terapi Obesitas Anak dengan Meningkatkan Aktifitas Fisik Anak

Bookmark and Share
Bagian yang kritis dari penurunan berat badan khususnya pada anak-anak adalah aktivitas fisik. Tidak hanya membakar kalori tubuh akan tetapi juga membangun kekuatan tulang dan otot serta membantu anak agar tidur dengan nyenyak di malam hari dan tetap selalu siap setiap hari. Kebiasaan yang sudah diajarkan dari kecil pada masa anak-anak akan bisa membantu pada masa remaja dalam mempertahankan berat badannya agar tetap normal dan sehat meskipun terjadi perubahan-perubahan hormonal, pertumbuhan yang cepat dan pengaruh-pengaruh sosial yang sering menyebabkan anak makan dengan berlebihan. Dan anak yang aktif lebih mungkin menjadi remaja dewasa yagn fit atau sehat.

Berikut beberapa Tips untuk meningkatkan aktifitas anak:

Batasi waktu rekreasi anak sampai kurang dari dua jam sehari.
Batasi jumlah jam anak untuk menonton televisi tiap harinya. Kegiatan lain yang tidak terlalu banyak bergerak seperti bermain video game atau game dalam komputer, menelpon juga sebaiknya dibatasi.

Penekanan lebih kepada peningkatan aktivitas, bukan berolahraga.
Aktivitas anak tidak harus dipaksakan ke dalam program olahraga, tujuan peningkatan aktifitas adalah hanya agar anak lebih banyak bergerak. Aktifitas bermain bebas seperti bermain sembunyi dan mencari (petak umpet), permainan lompat tali dapat menjadi suatu aktifitas yang baik untuk membakar kalori dan meningkatkan kebugarannya.

Temukan aktivitas-aktifitas yang digemari dan senang dilakukan oleh anak.
Sebagai contoh misalnya, jika anak anda secara artistik pendaki gunung, lakukanlah perjalanan alam seperti hiking untuk mengumpulkan dedaunan dan batu yang dapat digunakan untuk membuat suatu benda dari bahan-bahan tersebut. Jika si anak menyukai climbing atau panjat tebing, ajak mereka untuk pergi ke lingkungan seperti hutan yang paling dekat dengan rumah atau ajak anak untuk menaiki tembok dan lain sebagainya. Jika anak anda gemar membaca, kemudian arahkan untuk berjalan atau bersepeda untuk pergi ke perpustakaan sekitar lingkungan rumah untuk mendapatkan buku yang ingin dibaca.

Jika anda ingin anak lebih aktif beraktifitas
Berikan contoh kepada anak melalui diri sendiri (orang tua) dengan aktif beraktifitas. Temukan aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan oleh keluarga secara bersama-sama. Jangan pernah menjadikan olahraga atau aktifitas terlihat sebagai suatu hal yang dipaksakan, hukuman atau suatu tugas atau pekerjaan sehari-hari. Buat aktifitas itu menjadi suatu hal yang menyenangkan dan menjadi rutinitas dan bagian dari kehidupan dalam keluarga anda.

Buatlah dan temukan berbagai macam aktifitas
Dengan berbagai macam pilihan aktifitas tersebut, biarkan tiap anak memilih aktifitas secara bergantian dari berbagia macam aktifitas tiap hari atau minggunya agar tidak bosan. Pastikan bahwa tiap aktifitas yang dilakukan mempunyai nilai dalam meningkatkan aktifitas fisiknya.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment