Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Bookmark and Share
Tips dan cara mengatasi mual saat hamil muda buat wanita Indonesia. Anda sedang hamil muda atau hamil anak pertama? Menegangkan, menyenangkan dan entah perasaan apa lagi yang dirasakan seorang wanita ketika hamil anak pertama. Dan mungkin karena belum pernah, banyak diantara wanita yang masih bingung tentang masalah-masalah yang timbul saat kehamilan.

Dan salah satunya adalah rasa mual saat hamil. Wah, ini benar-benar membuat repot dan sangat tidak mengenakkan. Muntah dan mual saat pagi hari pada kehamilan, biasanya hanya berjalan selama 3 bulan pertama kehamilan wanita. Dengan seiring berjalannya waktu, dan kehamilan semakin tua, rasa mual saat hamil akan hilang dengan sendirinya. Tapi ada juga yang mengalami rasa mual selama hampir sepanjang masa kehamilannya. 

Tetapi sungguh bingung dan aneh rasanya, terutama bagi yang sedang mengalaminya pertama kali. Rasanya mual, tenggorokan dan lidah pahit, jangankan makan nasi, minum saja rasanya ingin dimuntahkan kembali. Bagaimana ya cara mengatasinya? Berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba untuk mengatasinya.

Mengatasi rasa mual saat hamil muda:
- Makan buah salak, ini tips dari banyak ibu-ibu yang sudah banyak berpengalaman lho. Makan buah salak banyak membantu mengatasi rasa mual saat hamil muda, membuat tenggorokan dan lidah terasa tidak terlalu pahit.
- Makan sedikit-sedikit tetapi sering. Bila biasa makan sekaligus 1 piring misalnya dan terasa mual, kita bisa mengatasinya dengan makan sedikit saja, tetapi lebih sering waktunya.
- Usahakan siapkan biskuit disamping tempat tidur, jadi setiap saat bangun di pagi hari, anda bisa memakan biskuit tersebut (walaupun sedikit) sebelum melakukan aktifitas apapun.
- Ketika bangun tidur, jangan langsung bangun, anda harus perlahan-lahan.
- Banyak ngemil, biasanya meskipun sedang merasakan mual dalam masa kehamilan awal, wanita tidak pernah melupakan untuk ngemil. Ini sangat membantu agar perut selalu terisi dan tidak kosong.
- Minum air jahe juga membantu untuk meringankan rasa mual anda.
- Pijatan lembut pada kaki, tangan, bahu dan kepala akan sangat membantu membuat rileks dan juga mengurangi rasa mual.
- Jangan makan atau kurangi makan gorengan atau makanan yang banyak mengandung minyak.
- Hindari makanan dengan bumbu berbau tajam dan pedas.
- Aroma terapi yang segar sesuai dengan selera anda, sangat membantu anda untuk rileks dan sedikit melupakan rasa mual.
- Berjalan-jalan dan menghirup udara segar akan membantu menyegarkan badan yang biasanya akan kurang fit ketika masa hamil muda.

Nah itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi rasa mual saat hamil muda anda. Dan selamat ya, semoga janin dalam kandungan anda selalu sehat dan lahir dengan selamat, sehat dan tidak kurang suatu apapun.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment