Mimpi Buruk Dimalam Hari Pada Anak

Bookmark and Share
Mimpi buruk adalah mimpi yang menakutkan. Kebanyakan anak sringkali mengalami mimpi buruk dalam mimpinya. Satu dari tiap 4 anak mengalami mimpi buruk lebih dari satu kali tiap minggunya. Rata-rata mimpi buruk itu terjadi sangat lambat pada waktu tidurnya, biasanya terjadi antar pukul 4 dan 6 pagi. Anak anda mungkin akan terbangun karena mimpi buruk tersebut dan menemui anda agar merasa aman dan nyaman di dekat anda. Biasanya anak dapat menceritakan tentang apa yang terjadi dalam mimpinya dan mengapa dia merasa ketakutan. Anak mungkin akan mengalami gangguan untuk tidur kembali. Dan mungkin anak anda akan menglami mimpi yang sama pada malam-malam lainnya.

Apa yang disebut dengan Teror Malam
Pada beberapa anak menglami suatu jenis bebeda dari mimpi yang menakutkan yang disebut dengan "teror malam". Teror malam terjadi pada saat atau selama tidur pulas yang biasanya antara pukul 1 dan 3 pagi. Seorang anak yang mengalami atau mepunyai mimpi yang disebut dengan teror malam sering terbangun ketakutan. Dia mungkin akan berkeringat dan nafas terengah-engah. Tanda lainnya seperti pada pupilnya mungkin terlihat lebih besar dari normalnya. Pada titik ini, anak mungkin masih dalam kondisi tertidur dengan mata terbuka. Anak akan menjadi bingung dan mungkin tidak dapat menjawab pertanyaan saat anda menanyakan apa yang terjadi dan apa yang salah dengannya. Anak mungkin akan menjadi sulit untuk terbangun. Dan pada saat anak terbangun, anak biasanya tidak ingin mengingat apa yang telah terjadi.

Akankah anak anda tetap akan mengalami mimpi buruk dan teror malam?
Mimpi buruk dan mimpi teror malam tidak terjadi sampai anak beranjak menjadi lebih tua dari usianya. Hal yang Sering terjadi, mimpi buruk dan mimpi teror malam berhenti dengan sempurna saat anak berusia remaja atau usia belasan tahun. Pada beberapa orang khususnya orang-orang yang mempunyai iamjinasi yang aktif dan kreatif, mungkin akan tetap mengalami mimpi buruk saat mereka dewasa.

Kapan sebaiknya anda cemas tentang mimpi buruk dan mimpi teror malam pada anak?


Mimpi buruk dan mimpi teror malam pada anak biasanya tidak disebabkan karena faktor kesehatan fisik dan atau kesehatan mental. Mimpi buruk sering terjadi setelah mengalami suatu tekanan atau stress fisik atau kejadian serta peristiwa yang berhubungan dengan emosional anak. Pada 6 bulan pertama setelah peristiwa atau kejadian tersebut, seorang anak meungkin akan mengalami mimpi buruk. Jika mimpi-mimpi buruk tetap terjadi dan mengganggu tidur anak, hal tersebut dapat mempengaruhi kemapuan anak dalam berfungsi dan berperan dikehidupannya sehari-hari. Konsultasikan dan bicarakan dengan dokter tentang apakah pengobatan akan bisa membantu anak anda.

Apa yang sebaiknya anda lakukan?
Mimpi teror malam dan tidur sambil berjalan mebutuhkan perhatian ekstra bahwa anda sebaiknya memberikan perlindungan pada anak sewaktu tidur. Pastikan rumah anda aman dan tidak berbahaya (cobalah gunakan pagar pembatas pada tempat tidur jika anak anda masih dalam tahap belajar berjalan dan jangan gunakan tempat tidur tingkat untuk anak yang sering mengalami mimpi buruk atau mimpi teror malam). Konsultasikan dengan dokter jika anak anda merasa terganggu dan tidak nyaman selama tidurnya. Dokter mungkin ingin mempelajari kondisi-kondisi anak anda selama tidur dan memberikan suatu rekomendasi dan saran serta pengobatan yang tepat.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment