Tips Sehat Perjalanan/Tour Transportasi Udara

Bookmark and Share
Kebanyakan orang tidak bermasalah pada saat bepergian dengan pesawat terbang atau perjalanan udara, tapi alangkah lebih nyaman dan aman untuk membuat perjalanan udara anda mnjadi aman dan nyaman dan hal ini mungkin untuk anda lakukan. Berikut ini beberapa tips untuk membuat perjalanan udara atau travel dengan pesawat terbang menjadi lebih aman dan nyaman.
  1. Membawa cukup obat-obatan yang diperlukan di tas bagasi anda. Tanyakan kepada dokter apakah sebaiknya merubah dosis obat yang anda minum jika makan dan waktu tidur anda akan merubah tujuan anda. Perkirakan dan Bawalah cukup obat-obatan sampe perjalanan anda berakhir. Bawalah obat-obatan dalam jumlah ekstra apabila terjadi keterlambatan dalam perjalanan, misalnya pesawat delay dan lain sebagainya.
  2. Jika anda mempunyai diabetes (gula darah tinggi), bawalah tanda dan kartu identitas seperti diabetes alert card-contoh kartu identitas penderita diabebetes dari asosiasi diabetes amerika). Catatlah nama dan nomer telpon dokter anda jika suatu saat diperlukan dalam kondisi darurat. Ingatlah untuk membawa daftar nama-nama dan dosis semua obat-obat yang anda minum.
  3. Udara di dalam pesawat terbang dalam kondisi kering, maka dari itu minumlah minuman non alkohol atau tidak beralkohol, minum minuman yang tidak/tanpa kafein, dan air untuk mencegah terjadinya dehidrasi.
Jet lag/jetlag, Apa yang dapat anda perbuat?

Jet lag merupakan suatu kondisi atau situasi psikologis dimana terjadi, perasaan tidak nyaman yang dikarenakan perjalanan jarak jauh khususnya perjalanan udara atau terbang melintasi zona waktu. Pada jet lag dapat terjadi kelelahan, gangguan pencernaan, sakit kepala, dan gangguan tidur atau insomnia yang terjadi secara bersamaan.

Hal yang dapat anda lakukan adalah:
  1. Cukup banyak istirahat tidur sebelum anda bepergian.
  2. Jangan banyak minum alkohol.
  3. Makan makanan yang baik dan seimbang.
  4. Perbanyak aktifitas fisik atau olahraga semaksimal mungkin yang anda bisa pada perjalanan anda.
  5. Gunakan obat tidur hanya dalam beberapa hari saja.
  6. Membiasakan diri atau beradaptasi dengan zona waktu dimana anda berada dengan membiasakan makan dan waktu tidur sesuai dengan zona waktu setempat.
Melatonin mungkin dapat membantu anda, tapi tidak seorangpun tahu berapa lama melatonin dapat digunakan secara aman bagi tubuh. Konsultasikan dengan dokter jika anda berencana menggunakan melatonin dan obat herbal lainnya atau obat-obat alternatif lain.

Melatonin adalah salah satu suplement yang berguna dalam membantu tidur dan meningkatkan kualitasnya. Suplemen ini juga berfungsi dalam manaikkan daya tahan tubuh, sebagai pendukung jaringan hormon serta metabolisme tubuh anda, memperbaiki perasaan seseorang dan menurunkan stress.

Bagaimana dengan nyeri telinga yang mungkin dapat terjadi pada anda?

Jika telinga anda terasa nyeri pada saat anda terbang (perjalanan udara), cobalah gunakan obat dekongestan seperti pseudoephedrin sebelum anda naik pesawat. Hal lain yang dapat membantu anda seperti sering menelan dan mengunyah permen karet selama perjalanan udara. Pada bayi, dapat dilakukan dengan mengisap botol atau mengisap dot selama perjalanan udara.

Hal-hal lain yang sebaiknya anda lakukan.

Seseorang yang dalam kondisi sehatpun dapat mengalami penggumpalan darah di kaki seelah perjalanan udara jarak jauh. Cobalah selama perjalan udara anda sering atau sebentar-sebentar berjalan-jalan, kecuali krew atau karyawan pesawat tidak membolehkannya mungkin karena alasan keselamatan dan lain sebagainya. Hal ini juga dapat membantu anda yaitu minum air, meregangkan otot-otot betis pada saat anda duduk dan kenakanlah stokking penyangga.

Jika dokter menginginkan anda emnggunakan oksigen bantuan pada saat perjalanan anda, ingatlah untuk memberitahukan hal ini pada perusaah pesawat (airline yang bersangkutan) tentang hal ini adalah untuk kebaikan anda selama penerbangan. Pihak maskapai atau perusahaan pesawat terbang mungkin akan menyediakan oksigen untuk anda yang mungkin tidak cuma-cuma alias bayar.(Mungkin dikarenakan peraturan yang tidak memboilehkan anda membawa unit oksigen dalam pesawat. Sebelumnya anda juga dapat mempersiapkan makanan-makanan khusus atau kursi roda jika diperlukan.

Berbahaya apabila anda segera melakukan penerbangan setelah anda menyelam dengan alat scuba. Anda perlu menunggu antara 12 sampai 24 jam setelah diving sebelum melakukan perjalanan udara. Tanyakan kepada dokter atau pihak yang berwenang dalam bidang menyelam untuk petunjuk melakukan perjalanan udara dengan pesawat setelah scuba diving.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment