Olahraga Kesehatan Sistem Jantung/Pembuluh Darah

Bookmark and Share
Suatu program olahraga yang berhasil dan sukses melibatkan frekuesni aktifitas fisik yang beraturan dengan irama, berulang-ulang, memberikan tantangan sistem sirkulasi tubuh dan penggunaan banyak otot didalamnya. Program olahraga seharusnya secara signifikan dapat meningkatkan aliran darah ke otot-otot untuk suatu periode waktu yang lama, serta dapat meningkatkan kebugaran sistem kardiovaskuler. Seperti olahraga yang disebut dengan isotonik, dinamik atau aerobik. Jika seseorang menginginkan mempunyai jantung yang sehat, maka seseorang tersebut perlu melakukan olahraga aerobik.

Olahraga aerobik benar-benar memberikan dan memompa darah seperti denyutan jantung menjadi lebih cepat, sirkulasi darah menjadi lebih cepat, pengiriman oksigen ekstra ke otot-otot tubuh. Kondisi-kondisi tersebut akan membangun kekuatan atau kebugaran jantung dan pembuluh darah (cardiovaskuler).

Beberapa aktifitas atau olahraga aerobik yang disarankan diantaranya, berjalan atau walking, jogging, hiking atau gerak jalan, bersepeda, berenang, meloncat loncat dengan tali (sprento) dan bermain sepatu roda. Beberapa bentuk olahraga seperti angkat besi dapat membangun kekuatan otot tanpa membangun kebugaran sistem kardiovaskuler.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment