Morning Sickness Pada Kehamilan

Bookmark and Share
Apa itu Morning sickness?. Morning sickness berhubungan dengan mual-mual dan muntah yang terjadi pada wanita pada saat mereka hamil. morning sickness disebabkan karena peningkatan hormon-hormon yang terjadi secara mendadak atau tiba-tiba selama kehamilan. Meskipun morning sickness pada umumnya dan lebih sering terjadi pada pagi hari, morning sickness dapat terjadi kapanpun dan dapat juga terjadi pada malam hari.

Berapa lama morning sickness akan berakhir?

Morning sickness sangat lazim/wajar terjadi pada awal-awal kehamilan. Morning sickness cenderung menghilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, dan morning sickness hampir selalu menghilang pada trimester kedua atau setelah kehamilan mencapai usia 13 minggu, atau usia kehamilan mencapai 4 bulan. Tapi, tidak ada ketentuan waktu bahwa morning sickness akan berhenti/hilang seperti yang disebutkan diatas karena tiap-tiap wanita berbeda, dan tiap-tiap kehamilan juga berbeda.

Akankah morning sickness berpengaruh pada bayi anda?

Morning sickness hanya dapat menimbulkan dan menjadi masalah pada bayi jika anda tidak dapat menjaga asupan makanan yang anda makan baik itu makanan atau minuman tidak turun atau sampe kebawah untuk dicerna dan diserap oleh tubuh sehingga berakibat mulai kehilangan berat badan yang banyak. Hubungi dokter atau pergi ke tempat pemeriksaan dokter atau fasilitas kesehatan lainnya jika anda:
  1. Kehilangan berat badan lebih dari 2 pounds ( 1 pound = 0,45359 kg).
  2. Muntah darah baik itu darah merah muda atau hitam.
  3. Muntah-muntah lebih dari 4 kali setiap hari.
  4. Tidak mampu menjaga agar makanan dan minuman yang anda makan masuk ke dalam saluran cerna berikutnya untuk dicerna dan diserap selama lebih dari satu hari (makanan atau minuman dimuntahkan semua).
Beberapa tips untuk meringankan morning sickness

Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda untuk meringankan morning sickness pada kehamilan:
  1. Makanlah dalam jumlah atau porsi yang sedikit agar anda tidak pernah merasa terlalu kenyang atau lapar.
  2. Hindari makanan yang berakibat kenyang atau perut terasa penuh, berbumbu, berminyak atau makanan berlemak.
  3. Hindari makanan-makanan yang baunya dapat mengganggu anda atau membuat anda mual-mual dan ingin muntah.
  4. Makanlah lebih banyak karbohidrat (kentang panggang, nasi putih atau roti panggang kering).
  5. Makanlah makanan yang halus-halus saat anda merasa mual-mual seperti kue atau keripik asin, makanan pencuci mulut seperti agar-agar, kue kering asin, kaldu ayam, minuman jahe yang tak beralkohol.
  6. Zat besi yang diberikan sebagai vitamin pada saat prenatal (sebelum melahirkan) dapat mengganggu pada beberapa wanita (tidak semua wanita). Jika anda berpendapat bahwa morning sickness yang terjadi diakibatkan atau berhubungan dengan zat besi atau vitamin-vitamin yang anda konsumsi, kondultasikan dengan dokter anda dan dokter akan mengganti vitamin-vitamin tersebut dengan vitamin yang tepat untuk anda.
  7. Sebelum anda bangun dan meninggalkan tempat tidur anda, makanlah sedikit kraker atau keripik asin untuk menenangkan perut anda.
  8. Kenakan akupresur semacam pita/manset pada pergelangan tangan, yang terkadang digunakan untuk mencegah mabuk laut, alat tersebut mungkin dapat membantu para wanita yang mengalami morning sickness. Anda dapat membeli manset tersebut pada apotik, agen-agen perjalanan/travel.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment