Penyebab, Pencegahan Infeksi Saluran Kemih wanita

Bookmark and Share

Apa penyebab infeksi saluran kemih?. Kebanyakan infeksi pada saluran kemih/kencing atau perkemihan disebabkan oleh bakteri. Ada bagian organ dari sistem perkemihan atau traktus urinarius anda dapat menjadi terinfeksi. Bagian saluran perkemihan atau urinarius anda yang dapat terinfeksi antara lain: ginjal, ureter, kandung kemih/kencing/bladder dan uretra. Bagian yang paling sering terinfeksi yaitu pada kandung kemih dan uretra.

Bagaimana anda dapat mengetahui jika anda terkena infeksi saluran kemih?
Berikut ini adalah daftar tanda-tanda kemuingkinan dari infeksi saluran kemih. Mual-mual, nyeri punggung belakang, dan demam mungkin merupakan tanda-tanda dari infeksi pada ginjal. Segera periksakan dan hubungi dokter jika anda mempunyai tanda dan gejala tersebut.

Tanda-tanda kemungkinan infeksi saluran kemih:
  • Adanya sensasi seperti terbakar saat buang air kecil
  • Merasa seperti ingin buang air kecil lebih sering dari biasanya.
  • Merasa ingin buang air kecil tapi tidak bisa keluar.
  • Air seni yang keluar hanya sedikit.
  • Air seni keruh, berbau atau berdarah.
Kenapa wanita lebih sering mengalami infeksi saluran kemih daripada pria?
Wanita cenderung lebih sering terinfeksi saluran kemih daripada pria karena bakteri dapat menjangkau kandung kemih dengan lebih mudah pada wanita ketimbang pada pria. Panjang urethra pada wanita lebih pendek dari pada urethra pada pria, sehingga bakteri yang akan menyerang mempunyai jarak yang lebih pendek dan dekat untuk berjalan kesana.

Urethra pada wanita letaknya juga berdekatan dengan rektum. Sehingga bakteri-bakteri dan microorganisme lainnya dapat dengan mudah berjalan dan menjangkau uretra dan menyebabkan infeksi.

Hubungan seksual mungkin juga menjadi salah satu sebab infeksi saluran kemih pada wanita dikarenakan bakteri dan microorganisme dapat terdorong masuk ke uretra. Pemakaian suatu alat diafragma (alat kontrasepsi pencegah kehamilan) dapat berperan penting timbulnya infeksi karena diafragma mendorong urethra secara berlawanan dan membuat uretra lebih sulit untuk mengosongkan kandung kemih dengan sempurna. Sehingga urine atau air seni yang masih terisisa didalam kandung kemih lebih mungkin menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya bakteri dan microorganisme lainnya dan menyebabkan infeksi.

Bagaimana infeksi saluran kemih dapat terobati?
Jika dokter berpikir bahwa anda terkena infeksi saluran kemih, dokter kemungkinan akan melakukan pemeriksaan sampel urine atau air seni anda untuk pemeriksaan bakteri yang terkandung pada urine. Kemudian dokter akan memberikan resep antibiotik untuk anda jika dalam pemeriksaan anda positif terdiagnosa infeksi saluran kemih. Biasanya, gejala-gejala infeksi akan menghilang dalam 1-2 hari setelah anda memulai pengobatan dengan antibiotik. Pastikan anda meminum semua obat yang diberikan dokter, bahkan jika kondisi anda sudah membaik.

Dokter mungkin juga akan menyarankan suatu obat untuk mengurangi rasa sakit pada saluran perkemihan yagn terinfeksi dan membuat anda merasa lebih baik, sementara itu antibiotik yang anda minum bekerja. Mungkin ada salah satu obat yang anda minum berdampak urine menjadi berwarna kuning terang. Jadi jangan terkejut saat anda buang air kecil.

Apa yang dapat anda lakukan jika anda sering mengalami infeksi saluran kencing?
Jika anda sering mengalami infeksi saluran kencing, anda dapat mencoba saran dan anjuran dibawah ini. Konsultasikan dengan dokter tentang apa saja perubahan-perubahan yang dapat anda lakukan dan membantu anda.

Dokter mungkin juga akan memberikan kepada anda obat-obatan dalam dosis rendah untuk beberapa bulan atau jangka lama untuk mencegah infeksi kambuh kembali.

Jika hubungan seks adalah yang menjadi sebab timbulnya infeksi saluran kemih, dokter mungkin akan merekomendasikan dan menyarankan kepada anda untuk mengkonsumsi dalam dosis tunggal dan dosis rendah antibiotik setelah berhubungan seksual untuk mencegah infeksi saluran kemih.

Berikut ini Tips-tips pencegahan infeksi saluran kemih:
  • Minumlah cukup banyak air untuk membersihkan bakteri. Meminum juz berry/cranberry bisa juga membantu mencegah infeksi saluran kemih. Akan tetapi, jika anda sedang mengkonsumsi warfarin (coumadin-koagulansia), periksakan dulu ke dokter sebelum minum juz cranberry untuk pencegahan infeksi saluran kemih. Dokter mugkin akan menyesuaikan dosis warfarin yang anda konsumsi atau diperlukan pemeriksaan darah untuk mengatur dosis yang boleh anda konsumsi.
  • Jangan menahan jika anda ingin buang air kecil. Buang air kecil jika memang anda ingin dan perlu.
  • Bersihkan daerah terkait setelah buang air besar dari depan ke belakang.
  • Buang air kecil setelah melakukan hubungan seksual untuk membantu membersihkan bakteri keluar.
  • Gunakan cukup lubrikasi (pelicin/pelumas) untuk melumasi vagina selama hubungan seks. Cobalah gunakan lubrikasi dengan sedikit pelumas seperti K-Y jelly sebelum berhubungan jika vagina tidak terlalu kering.
  • Jika anda sering mengalami infeksi saluran kemih, anda mungkin perlu menghindari pemakaian diafgrama sebagai metode kontrasepsi. Tanyakan kepada dokter tentang pilihan metode lainnya dalam kontrasepsi.
Seberapa seriuskah infeksi saluran kemih?
Infeksi saluran kemih dapat menjadi sangat menyakitkan. Tetapi, obat-obatan dapat membantu agar tidak menjadi ancaman serius bagi kesehatan anda.

Organ ginjal anda dapat juga terinfeksi, yang dapat menjadi masalah kesehatan yang lebih serius. Infeksi pada ginjal biasanya memerlukan pengobatan antibiotik dalam jangka panjang dan terkadang perlu pengobatan dengan perawatan di rumah sakit.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment