Cara Sederhana Diet yang Sehat

Bookmark and Share
Diet yang sehat adalah bagian lain dari gaya hidup sehat. Makanan yang bersih dan sehat tidak hanya dapat membantu anda dalam manajemen berat badan, selain itu juga dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup saat usia anda bertambah tua. Anda dapat menggunakan bantuan Piramida Makanan (Food Guide Pyramid) untuk menentukan seberapa banyak kalori yang anda butuhkan dan apa saja kelompok makanan yang perlu diutamakan, jika anda hanya menginginkan perubahan-perubahan yang kecil/sederhana, anda dapat menggunakan tip berikut ini sebagai cara mudah untuk mengubah cara anda makan:
  1. Lebih banyak makan buah. Tambahkan dalam hidangan makanan anda baik pagi, siang atau bahkan hidangan makan malam anda.
  2. Sisipkan lebih banyak sayuran. Tambahkan sayuran di manapun anda bisa- menambahkan tomat pada sandwich, paprika pada pizza, atau tambahan sayur dalam saus pasta. Atau dengan menyimpan sayuran yang sudah diolah dalam bentuk kalengan untuk makanan cepat saji.
  3. Ganti bumbu sayuran anda. Jika anda makan penuh dengan bumbu berlemak, gantilah dengan bumbu-bumbu yang berlemak lebih rendah dengan demikian secara otomatis masukan kalori ke dalam tubuh anda akan lebih sedikit.
  4. Makanlah makanan yang rendah lemak atau jika minum susu pilihlah susu yang bebas lemak. Menggunakan susu skim atau yoghurt bebas lemak adalah salah satu cara mudah dan simple agar kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit tanpa harus melakukan perubahan besar pada diet anda.
  5. Makanan pengganti. Cari dan liat dalam lemari atau kulkas tempat penyimpanan makanan anda dan pilih 3 makanan yang anda makan setiap hari. Tuliskan isi kandungan gizinya dan selanjutnya pergilah ke toko, kemudian carilah bahan pengganti dengan perhitungan kandungan kalorinya lebih rendah untuk 3 bahan makanan tersebut.
Menciptakan gaya hidup sehat tidak harus berarti perlu melakukan atau terjadi perubahan-perubahan yang drastis. Pada kenyataannya, perubahan drastis hampir selalu mengakibatkan kegagalan. Membuat perubahan-perubahan kecil dalam cara anda hidup setiap hari bisa bermanfaat dan berimbas sangat besar, oleh sebab itu pikirkanlah apa yang dapat anda lakukan agar sehat hari ini.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment