Pewarna Makanan Alami

Bookmark and Share
Memilih jenis pewarna makanan alami untuk kue harus lebih berhati-hati. Seperti misalnya pewarna makanan alami untuk Rainbow Cake, agar tetap terlihat menarik dengan warna pelangi sekaligus aman bagi kesehatan untuk dikonsumsi. Menggunakan pewarna makanan dengan bahan berbahaya dan mengandung kimia didalamnya memang mempunyai warna yang lebih menarik, tetapi akan sangat berisiko terutama untuk pemakaian jangka panjang. Berbagai efek gangguan kesehatan dan penyakit berbahaya sudah menanti.

Pewarna Makanan Alami
Dan kita punya alternatif yang lebih aman, masih terlihat menarik sekaligus tidak mengubah rasa kue yang kita buat. Dan berikut ini beberapa pewarna alami tersebut.

Pewarna makanan alami merah
Merah adalah warna kebanyakan yang disukai, terlihat cerah dan semakin menarik untuk dinikmati. Untuk pewarna alami merah kita bisa gunakan:
1. Mahkota bunga Rosela, caranya seduh mahkota bunga kemudian lumatkan dan siap digunakan.
2. Angkak, ini adalah hasil dari fermentasi beras merah. Seduh angkak dengan menggunakan air panas, buang rendaman pertama dan lakukan kembali, dan buang rendaman kedua dan begitu juga yang ketiga. Setelah itu angkak bisa dilumatkan dan siap digunakan sebagai pewarna alami merah yang aman.
Untuk alternatif tergantung dari jenis masakannya, kita bisa menggunakan bubuk cabai, bubuk tomat dan jus akar bit untuk mendapatkan warna merah.

Pewarna Kuning
Untuk pewarna makanan kuning kunyit adalah yang paling banyak digunakan, selain memberi warna kuning, kunyit juga berfungsi agar makanan tidak cepat basi. Caranya parut kunyit dan saring diambil airnya. Warna kuning pada kunyit akan susah dihilangkan, jadi sebaiknya gunakan sarung tangan dan jaga agar tidak terkena baju.

Pewarna Hijau
Untuk pewarna makanan alami hijau kita punya pilihan daun pandan dan daun suji, caranya juga cukup mudah yaitu dengan melumatkan salah satu dari daun tersebut dan disaring ambil airnya. Kita bisa menggunakan blender agar lebih cepat dan halus. Pilihan lain adalah bayam dan buah alpukat juga bisa dipakai untuk pewarna hijau.

Pewarna Merah Muda
Untuk mendapatkan warna merah muda atau pink, kita bisa gunakan rasberry dan jus stroberri, biasanya anak-anak akan menyukai warna cerah seperti ini.

Pewarna Hitam
Untuk mendapatkan warna hitam pada kue atau makanan, kita bisa gunakan kluwek ini biasanya untuk masakan, misalnya ketika memasak rawon. Sedangkan untuk jenis kue atau bisa juga pada cendol (ada jenis cendol hitam) kita bisa gunakan abu merang.
1. Kluwek, pecahkan kluwek dan ambil kemudian haluskan daging kluwek sebelum dicampurkan secukupnya ke masakan.
2. Abu merang, bakar batang padi sampai menjadi abu, campurkan dengan air hangat dan saring diambil airnya.

Pewarna Orange
Untuk mendapatkan warna orang pada masakan atau kue, kita bisa gunakan wortel. Selain memberi warna orange yang cerah, wortel juga aman dan menambah nilai gizi pada makanan.

Pewarna Biru
Agar makanan atau kue berwarna biru, kita bisa mencampurnya dengan blueberry, ini akan memberi pewarna makanan alami biru yang menarik dengan sedikit warna violetnya.

Itulah beberapa alternatif berbagai macam jenis pewarna makanan alami untuk kue basah atau resep masakan lainnya.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment