Cara alami menjaga berat badan setelah usia 40 tahun

Bookmark and Share
Secara alami metabolisme tubuh akan menurun secara perlahan seiring dengan bertambahnya usia, yang membuat tubuh kita lebih sulit untuk mempertahankan berat badan. Pada kondisi dan situasi seperti ini, sedot lemak secara instan dengan operasi bukanlah pilihan yang tepat bagi Anda, yang lebih tepat adalah perubahan gaya dan pola hidup secara permanen yang harus anda pertimbangkan. 

Berikut ini adalah pola dan gaya hidup sehat yang perlu anda rubah secara permanen: 

Hitung jumlah Kalori yang anda makan 

Anda harus mengkonsumsi lebih sedikit kalori dari jumlah kebutuhan kalori pada beberapa tahun yang lalu. Jika tujuan Anda adalah untuk mengurangi 1 pon dalam setiap minggunya, Anda harus mengurangi asupan makanan Anda sekitar 500 kalori. Jenis dan Sumber Makanan kalori, juga sangat penting. Anda harus memilih makanan yang menawarkan nilai gizi optimal seperti sayuran, buah telur, dan susu. 

Aktifitas olahraga 

Pada usia di atas 40 tahun ke atas, Anda mulai kehilangan massa otot/daging, olahraga teratur adalah mutlak dan wajib. Mengurangi kalori dan lemak yang ada dalam tubuh jelas tidak mungkin tanpa latihan olahraga. Lakukan olahraga selama 30 sampai 45 menit berjalan kaki atau latihan rutin 4 kali sehari sudah cukup, asalkan konsisten.

 Membiasakan sarapan pagi 

Sarapan adalah makan yang paling penting, sehingga jangan pernah membuat kebiasaan untuk melewatkan sarapan pagi. Sarapan menyediakan “bahan bakar” untuk kegiatan harian Anda. Jika Anda melewatkan sarapan pagi, tidak hanya akan menjadikan anda malas sepanjang hari, Anda akan cenderung makan lebih banyak dari biasanya pada waktu makan siang. 

Makan Malam 

Karena metabolisme kita melambat setelah usia 40 tahun, Anda tidak ingin memberikan tubuh Anda alasan lain untuk menambah berat badan lebih. Ketika Anda makan pada malam hari atau satu atau dua jam sebelum tidur, metabolisme Anda melambat secara minimal karena tubuh mempersiapkan untuk istirahat di malam hari. Karena itu, kalori yang Anda konsumsi pada jam-jam tersebut akan menumpuk tanpa dibakar. 

Hindari operasi sedot lemak 

Jika Anda sudah mulai mempertimbangkan sedot lemak, pikirkan lagi. Anda tentu saja tidak ingin karena sedot lemak pasca operasi akan timbul masalah seperti mual, muntah dan pusing. Prosedur tidak wajar harus dihindari, pilihlah cara-cara alami untuk mempertahankan berat badan seperti pada contoh-contoh di atas. 

Kelabuhi diri anda 

Makan makanan rendah kalori yang sifatnya mengelabuhi tubuh anda sehingga merasa kenyang dan penuh. Ada banyak makanan padat rendah energi seperti yang tersedia di pasar, yang sebagian besar terbuat dari bahan alami. Seperti misalnya sayuran dan buah-buahan. Dokter atau ahli gizi bisa membantu anda dalam memilih makanan yang alami dan menyehatkan bagi anda.

Kue 

Jika Anda tidak dapat atau susah menghentikan kebiasaan anda dalam mengkonsumsi makanan ringan, pastikan Anda hanya mengkonsumsi makanan ringan yang sehat seperti apel, wortel, batang seledri, kacang tanah tawar dan kenari. 

Hindari bumbu 

Kecap, mayones dan saus kedelai hanya beberapa contoh dari bahan makanan yang sebaiknya tidak masuk dalam tubuh anda. Beberapa makanan tersebut mengandung tinggi gula dan lemak, dan tidak diinginkan untuk kondisi kesehatan jantung. 


Ketika Anda haus, minumlah air putih, bukan soda! . 

Bahan belanjaan 

Ketika belanja bahan makanan, membatasi diri Anda pada makanan yang sehat saja. Ini adalah cara termudah untuk tidak memiliki makanan yang dapat menggemukkan dan makanan tidak sehat di rumah.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment