Mengatasi Sakit Perut Saat Haid

Friday, March 2, 2012

Sakit perut saat haid sering dialami oleh wanita menjelang dan waktu menstruasi. Hal itu merupakan gejala biasa dan alami, tidak perlu dikhawatirkan. Penyebab sakit perut saat haid  karena terjadi peluruhan dinding rahim (endometrium). seperti terjadi lecet di kulit luar kita sehingga terasa sakit. Karena saat haid terjadinya lecet di dalam perut, ya jadi sakitnya di perut. terutama bagian bawah.


Para ahli kebidanan berpendapat sakit perut saat haid bukan tanda-tanda penyakit melainkan sifat alamiah wanita yang secara kodrati mengalami menstruasi sebulan sekali. Pada sebagian wanita, nyeri saat menstruasi terasa melilit bahkan terkadang diikuti sakit kepala bahkan badan terasa sakit semua. Kalau dibiarkan sangat mengganggu aktifitas kita dan kita merasa terbebani dengan sakit perut.

Sebenarnya ada cara untuk mengatasi sakit perut saat haid walaupun tidak selalu cocok untuk semua wanita. Cara berikut ini berdasarkan pengalaman pribadi saya saat haid. Ini cara alami untuk mengatasi gejala-gejala yang muncul saat haid seperti sakit perut atau bahkan sakit kepala.

1.   Banyaklah minum air putih
Minum air putih sebanyak-banyaknya saat haid sangat bermanfaat untuk kelancaran darah kotor yang keluar. Dengan banyak minum air, biasanya sakit perut yang terasa melilit akan hilang dan kita bisa beraktifitas kembali.
2.  Minum jamu penghilang sakit perut
Jamu penghilang sakit perut waktu haid sangat mudah dibuat dan praktis bisa langsung diminum, tidak membutuhkan banyak biaya. Kita cukup menyediakan bahan alami yaitu pucuk daun asam (sinom) secukupnya ditambah kunyit. Kunyit Khasiatnya sangat banyak apalagi untuk ibu yang baru melahirkan itu sangat bagus untuk menyembuhkan luka dalam setelah melahirkan dan sangat bagus untuk melancarkan nifas atau haid bagi para wanita. Saat haid sangat dianjurkan wanita minum air perasan kunyit sebagai pemanas badan agar haid lancar tanpa sakit perut yang mengganggu. Hal ini merupakan cara alami dan menunjukkan pola hidup sehat.

Cara membuat minuman untuk mengatasi sakit perut saat menstruasi yaitu dengan mencampur kunyit dan daun asam muda. Kunyit ditumbuk sampai halus dicampur dengan segelas air, kemudian diperas dengan cara disaring. Sebelum diminum berilah sedikit madu atau gula agar terasa manis dan untuk mendapatkan minuman yang segar bisa didinginkan di dalam kulkas.

Itulah sedikit tips yang bisa saya bagikan kepada sesama kaum hawa. Mudah dan tidak memerlukan biaya banyak bukan? Sakit perut saat haid nggak perlu risau deh, enjoy aja lagi. Selamat mencoba dan tetap semangat.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment