Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Bookmark and Share
Makanan sehat untuk ibu hamil, informasi kehamilan wanita. Alangkah baiknya untuk mengetahui makanan sehat untuk ibu hamil, hal ini penting karena selain untuk diri sendiri, ibu hamil juga mempunyai tanggung jawab terhadap kesehatan bayi yang dikandungnya. Apalagi pada usia kehamilan muda pada masa triwulan pertama. Kondisi dan kestabilan kesehatan baik secara fisik ibu hamil, bayi dalam kandungan juga emosi yang nyaman bagi ibu dalam masa kehamilan.

Pada umumnya, kehamilan triwulan pertama akan disertai dengan adanya rasa mual dan ingin muntah, baca: mual saat hamil. Ini akan semakin menambah menurunnya kondisi kesehatan ibu hamil. Ini bisa diatasi dengan cara makan sedikit-sedikit tapi sering. Betapapun rasa mual itu terasa, ibu hamil harus tetap mendapat asupan makanan yang bergizi. Karena akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan janin dalam kandungan. Dan beberapa makanan sehat untuk ibu hamil menurut jenis kandungannya adalah sebagai berikut.

Makanan sehat ibu hamil

1. Makanan sehat yang mengandung karbohidrat
Makanan yang mengandung karbohidrat ini bisa didapatkan dari bahan nasi, jagung, mie, roti, ubi dan kentang. Seorang wanita hamil memerlukan karbohidrat untuk kesehatan dan juga perkembangan janin dalam kandungan.

2. Makanan sehat yang mengandung zat besi
Zat besi bisa didapatkan dari sayuran hijau, hati dan daging. Zat besi ini sangat diperlukan plasenta dalam kandungan. Melalui plasenta ini bayi dalam kandungan akan mendapatlan zat-zat gizi dan oksigen. Juga sebagai persiapan dalam proses melahirkan, yang akan banyak kehilangan banyak darah,

3. Makanan sehat yang mengandung Protein
Untuk mengganti sel-sel mati pada tubuh ibu hamil dan juga membentuk pertumbuhan janin dalam kandungan, tubuh sangat memerlukan banyak protein. Pada ibu hamil kebutuhan akan asupan protein meningkat menjadi 12gr untuk tiap kilogram berat tubuh. Sedang dalam kondisi normal, tidak sedang hamil, memerlukan 1 gr protein untuk tiap kg berat tubuh. Makanan yang mengandung bisa didapat dari tahu, tempe, kacang-kacangan, telur, ikan dan juga daging.

4. Makanan sehat yang mengandung Vitamin
Pada ibu hamil juga sangat banyak membutuhkan asupan makanan yang banyak mengandung semua unsur vitamin. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin bisa dengan mudah didapat, seperti semua jenis sayuran hijau, buah segar, dan berbagai jenis lauk dari hewani maupun nabati.

5. Air
Pada masa kehamilan, ibu hamil akan banyak membutuhkan lebh banyak asupan air kedalam tubuh. Hal ini karena pada masa kehamilan akan lebih sering buang air kecil dan lebih berkeringat dari hari biasa saat tidak hamil. Bila minum air putih terlalu banyak terasa mual, bisa digantikan dengan buah yang dibuat jus, lebih segar dan tidak terasa hambar.

Itulah beberapa hal seputar makanan sehat untuk ibu hamil, semoga bermanfaat.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment