Tips Menurunkan Berat Badan

Sunday, February 26, 2012

Jumlah penurunan berat bergantung pada keseimbangan energi. Keseimbangan energi dalam tubuh serupa dengan timbangan keadilan. Di satu sisi menggambarkan jumlah kalori yang masuk dan di sisi lain menggambarkan jumlah kalori yang keluar. Prinsipnya, jika ingin memperoleh berat badan ideal perlu mempertimbangkan konsep timbangan ini. Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan dalam satu bulan, instruksi berikut ini dapat dicoba diterapkan.

Instruksi :


  1. Makanlah dalam waktu yang tepat untuk meningkatkan metabolisme Anda. Metabolisme saat istirahat adalah seberapa besar kalori yang dapat dibakar oleh seorang individu selama periode 24 jam. Untuk menurunkan berat badan secara cepat, angka metabolisme istirahat ini harus setinggi mungkin. Individu yang ingin menurunkan berat badan harus makan segera dan sering, namun tidak banyak. Mengkonsumsi sarapan dapat meningkatkan metabolisme sebesar 25 persen. Tubuh menampung energi sampai mengkonsumsi makanan pertamanya, maka mengkonsumsi sarapan dapat memberi tahu tubuh bahwa telah tiba saatnya untuk melakukan proses cernaan harian, yang membakar kalori. Mengkonsumsi tiga makanan porsi kecil per hari dan satu sampai tiga porsi kecil snack sepanjang hari membantu Anda menjaga metabolisme tetap tinggi.
  2. Tingkatkan level aktivitas harian Anda. Selama delapan jam hari kerja, seorang pelayan restoran akan membakar lebih banyak kalori dibandingkan seorang ahli program komputer. Walau tidak banyak yang berkesempatan mengganti profesi mereka, masih banyak cara untuk meningkatkan pembakaran kalori dengan mengubah pola hidup. Hindari eskalator dan naiklah tangga. Parkirlah di tempat parkir yang lebih jauh saat ke toko. Rencanakan aktivitas di luar bersama keluarga dan sahabat.
  3. Tingkatkan jumlah olahraga mingguan. Cara terbaik untuk memulai olahraga dengan berjalan adalah dengan menjadwalkan waktu tertentu untuk berjalan setiap harinya. Waktu latihan terbaik adalah pada waktu yang sama setiap harinya. Maka rencanakan untuk berjalan atau jogging sebelum kerja, saat makan siang, atau setelah kerja. Sangat penting untuk menjadikan olahraga harian sebuah kebiasaan, dan perlu waktu sekitar sebulan agar Anda terbiasa dengan kebiasaan baru ini.
  4. Pikirlah “Paleolithic” ketika memutuskan akan makan atau tidak. Apabila makanan tersebut diproses, Anda mungkin sebaiknya tidak makan makanan tersebut. Konsumsilah lemak sehat dengan mengkonsumsi ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Lemak sehat ini dapat membantu Anda mengurangi kolesterol, meredakan arthritis, dan meningkatkan kesehatan sendi. Ikan dan makanan laut lainnya juga mengandung protein. Sumber protein alami yang sehat lainnya adalah ikan, kalkun, daging, polong-polongan, dan daging organik serta produk susu. Sumber karbohidrat sebaiknya kebanyakan berasal dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Biji-bijian juga harus dikonsumsi.
Tips dan Peringatan :
  • Satu pon sebanding dengan 3.500 kalori. Apabila seorang individu menghabiskan 500 kalori sebagai energi lebih banyak dibandingkan kalori yang dikonsumsi, individu tersebut akan mengalami penurunan berat badan sebanyak 1 atau 2 pon (2 – 4 kg) per minggu, atau sekitar 8 pon (16 kg) per bulan. Dalam satu bulan, mungkin penurunan berat badan sebanyak 8 pon tampak tidak terlalu banyak, namun apabila penurunan berat badan tersebut berasal dari lemak, maka penurunan berat ini sangat signifikan. Banyak-banyaklah bergerak dan konsumsi makanan secara tepat, dan berat badan Anda akan turun.
  • Jangan diet sampai Anda kelaparan. Tubuh tidak dapat membedakan kondisi kelaparan dengan kondisi diet. Ketika tubuh kelaparan, tubuh akan berupaya meningkatkan berat badan kembali ke kondisi semula.


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment