Cantik Alami dengan Buah Mengkudu

Tuesday, February 21, 2012

Anda pernah melihat buah mengkudu? Tahu khasiatnya? Beberapa waktu yang lalu, kembali saya pulang ke kampung halaman saya. Saya sangat senang sekali karena setiap kali pulang, ada saja hal-hal baru yang menjadi inspirasi untuk ditulis dan dibagi di blog ini.
Mengkudu ( Morinda citrifolia ) termasuk tanaman buah yang mempunyai banyak khasiat, diantaranya adalah :



#  Menurunkan tekanan darah

# Gangguan dalam tubuh – kencing manis, sakit kepala, ginjal, buah pinggang, pundi kencing, pundi empedu dan tiroid.

# Mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor.

# Memulihkan kesan umum penuaan (awet muda).

# Membantu sistem kesuburan lelaki dan wanita.

===

Kali ini yang ingin saya bahas adalah mengkudu sebagai bahan kosmetika atau digunakan untuk perawatan seluruh tubuh. Kenapa bisa dikatakan seluruh tubuh? Karena memang bisa digunakan untuk seluruh bagian tubuh.

Sebagai shampo, buah mengkudu ini bisa dijadikan shampo alami yang berfungsi untuk menghitamkan rambut, menghilangkan ketombe dan membuat rambut terasa ringan.

Caranya : ambil buah mengkudu yang sudah matang, jika Anda ingin lebih simple, mengkudu tadi bisa diambil airnya saja dengan cara diperas. setelah mendapatkan air perasan mengkudu, perlahan usapkan ke kulit kepala. Makin banyak makin baik, atau sampai rambut kita basah kuyup oleh sari mengkudu tadi, diamkan beberapa saat, ± 5 -10 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Untuk pertama kali penggunaan, Anda akan terganggu oleh baunya yang khas.

Jika Anda ingin cara yang lebih rumit dan baunya tidak sekeras seperti sebelum diolah, ambillah beberapa buah mengkudu yang sudah matang, setelah daging mengkudunya dihaluskan. Masak mengkudu tadi sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan dan bentuknya berubah menjadi agak kental. Diamkan beberapa saat sampai dingin, mengkudu tadi siap dijadikan shampo.

Sebagai lulur : Disamping sebagai shampo, mengkudu yang sudah diolah bisa juga dijadikan lulur, caranya oleskan cairan yang berasal dari buah mengkudu ke kaki dan tangan atau bagian tubuh yang diinginkan, diamkan beberapa saat. Setelah itu gosok perlahan-lahan, dijamin kulit akan terasa kencang dan halus.

Sebagai bedak dingin : Bagi para wanita yang terbiasa menggunakan bedak dingin ( pupur dingin ) di wajah, mengkudu bisa dijadikan sebagai campuran airnya. Kalau biasanya kita menggunakan sari mawar, maka sekali-kali air sari mawar tadi bisa diganti dengan cairan mengkudu. Ambil secukupnya pupur dingin, campur dengan mengkudu, oleskan ke wajah dan leher. Lebih enak dipakai saat akan tidur.

Kalau rajin menggunakan buah mengkudu ini sebagai campuran bedak, Insya Allah flek-flek hitam di wajah akan hilang, wajah akan kencang dan bersih.

Selamat mencoba :)
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment