Manfaat Madu

Bookmark and Share
adu merupakan cairan berwarna emas yang cukup kental, yang diproduksi oleh lebah madu dengan rasa manis yang khas. Proses pembuatan madu dimulai ketika lebah mengumpulkan nektar bunga di mulut mereka. Nektar ini kemudian bercampur dengan enzim khusus di air liur lebah, proses kimia ini kemudian mengubahnya menjadi madu. Lebah madu menyimpannya saripati bunga yang sudah diolah dalam tubuhnya ke dalam sarangnya yang berbentuk heksagonal.

Di belahan dunia ini ada berbagai macam jenis madu dengan rasa khas yang juga berbeda tentunya. Hal ini membuat para peneliti tertarik untuk mempelajari berbagai hal tentang madu. Berikut ini adalah fakta singkat dan juga beberapa manfaat madu.

Madu Dan Manfaatnya Bagi Hasil Latihan

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa kombinasi madu dengan suplemen protein dapat meningkatkan pemulihan tubuh dan menjaga kadar gula darah setelah latihan. Suplemen protein berguna untuk meningkatkan asupan protein pada diet, meningkatkan kemampuan latihan beban, aerobik dan olahraga lainnya.

Bahkan, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kombinasi karbohidrat dengan suplemen protein dapat meningkatkan pemulihan energi pada otot yang tentunya berdampak positif pada hasil latihan Anda.

Studi saat ini melibatkan 39 atlet pria dan wanita yang biasa terlatih dengan beban berat dan membaginya ke dalam beberapa kelompok. Subjek penelitian ini menjalani latihan beban yang intensif dan kemudian mereka diberikan suplemen protein yang dicampur dengan 3 bahan berbeda seperti maltodekstrin, gula dan madu. Ternyata, hasilnya menunjukkan hanya kelompok yang diberi campuran madu yang memiliki kadar gula darah optimal selama dua jam setelah latihan. Selain itu, para subyek yang diberi madu menunjukkan perubahan positif dalam rasio hormon untuk penyembuhan otot.

Hasil analisa data menunjukkan bahwa madu berfungsi dengan baik dalam aspek yang terkait dengan pemulihan setelah latihan dan menyediakan energi. Selain itu, madu juga merupakan sumber karbohidrat yang cocok dikombinasi dengan suplemen protein setelah latihan. Selain mempercepat pemulihan otot, kombinasi protein dan madu juga tampaknya cocok untuk menstabilkan kadar gula darah setelah latihan.

Manfaat Lainnya Bagi Kesehatan
Madu merupakan salah satu alternatif sumber energi dengan menyediakan sekitar 64 kalori per sendok makan. Madu juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat antibakteri alami. Jika dikombinasikan dengan diet dan gaya hidup sehat, madu akan menjadi pilihan untuk membantu proses penurunan berat badan Anda. Madu merupakan salah satu antioksidan karena mengandung nutraceuticals, yang efektif dalam menghilangkan radikal bebas dari tubuh kita. Akibatnya, kekebalan tubuh meningkat.
Bagi anak-anak, madu bisa bermanfaat banyak, contohnya untuk menghentikan pendarahan ringan, cukup dioleskan tipi-tipis pada luka. Pelembab bibir yang kering, dioleskan pada bibir anak-anak saat mereka sedang bermain. Obat batuk alami, madu 1 sdm + perasan 1 buah jeruk nipis/lemon kecil, aduk rata dan minum 2 kali sehari. Mencegah ngompol pada balita, 1 sdt sehari 1 kali bisa membantu kebiasaan ngompol saat bobo. Mencegah perut kembung, 1 sdm + ½ sdt kayu dicampur dan minum secara rutin, untuk mengeluarkan gas yang ada dalam perut. Madu juga dipercaya bisa untuk pertumbuhan gigi, oleskan pada gusi anak. Untuk radang tenggorokan, 1 sdm madu + perasan 1 buah jeruk nipis campur dan minum rutin 3 kali sehari.

MANFAAT MADU UNTUK KECANTIKAN

Sedangkan manfaat madu untuk kecantikan adalah dapat digunakan sebagai:
1. Masker Madu: Oleskan madu murni pada wajah Anda dan biarkan selama kira-kira 15 menit, hingga mongering. Setelah kering, basuhlah wajah Anda dengan air hangat.

2. Mandi Untuk Kulit Berkilau: Untuk melembabkan, melembutkan dan membuat kulit berkilau, bawa serta sebotol madu saat Anda mandi. Oleskan ke kulit dan tepuk-tepuk dengan kedua tangan hingga mengering. Sementara menepuk-nempuk kulit, madu akan lengket di kulit Anda. Basuhlah bekas madu yang lengket tersebut setelah Anda selesai. Dan Anda bisa menikmati hasilnya dengan kulit yang nampak cantik nan cerah!!!

3. Mandi Madu: Untuk mendapatkan aroma yang manis dan kulit lembut, tambahkan ¼ hingga ½ cangkir madu di air mandi Anda.

4. Scrub Madu: Campurkan 1 sendok teh madu dengan sedikit tepung almond ke telapak tangan Anda. Gosokan perlahan ke wajah sebagai scrub wajah. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk mengangkat madu.

5. Pembersih Wajah Setiap Hari: Campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan. Oleskan di wajah untuk membersihkan semua kotoran dan make-up, dan lalu basuh hingga bersih dengan air hangat.

6. Rambut Berkilau: Untuk membuat rambut Anda berkilau, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis, dan sedikit air hangat. Bilas rambut Anda dengan shampo seperti biasa dan lalu tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan rambut dengan cara biasa.

7. Conditioner Rambut: Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, campurkan ½ cangkir madu dan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan merata ke rambut dan kulit kepala, lalu ambil penutup rambut dan biarkan selama 30 menit dalam keadaan tertutup. Setelah 30 menit, keramasi dengan shampo dan bilas rambut Anda seperti biasa.

8. Toner Kulit: Untuk mengencangkan, melembutkan dan melembabkan kulit, campurkan 1 buah kulit jeruk ditambah satu sendok makan madu dalam blender hingga halus. Gosokan perlahan campuran madu tadi ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi.

Jika Anda mau sedikit repot, dengan tips yang kami berikan di atas Anda dapat menciptakan produk-produk bak spa di rumah. Madu memang produk yang paling luar biasa untuk kecantikan dimana didalamnya terkandung enzyme bermanfaat, vitamin dan mineral. Tapi, sebelum Anda melakukan eksperimen, sebaiknya pastikan produk madu yang Anda beli 100% murni. Dan bagi Anda yang alergi pada madu, sebaiknya jangan mencoba resep ini.

Konsumsilah madu dan dapatkan semua manfaatnya bagi latihan Anda juga kesehatan dan kecantikan Anda secara keseluruhan.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment