Khasiat Bunga Kenop pada Pengobatan Penyakit

Bookmark and Share
Bunga Kenop (Gomphrena Globosa L) tidak terlalu sulit ditemukan karena bunga ini termasuk salah satu jenis tanaman hias. Bunga Kenop ditanam di pekarangan dan di tanam sebagai tanaman hias atau tumbuhan liar di ladang yang cukup mendapat sinar matahari. Tumbuhan yang berasal dari Amerika Tropis ini dapat ditemukan pada ketinggian 1-1.300 m dpi. Terna semusim, tumbuh tegak, tinggi 60 cm atau lebih, seluruh bagiannya berambut. Selain itu, tumbuhan ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut. 
  1. Batangnya berwarna hijau kemerahan, membesar pada ruas percabangan. 
  2. Daun tunggal, bertangkai pendek, letak berhadapan bersilang. 
  3. Helaian daun bentuknya bulat telur, sungsang sampai memanjang, ujung meruncing, tepi rata, berwarna hijau, berambut kasar berwarna putih di permukaan atas dan berambut halus di permukaan bawah. 
  4. Bunga tunggal, keluar dari ujung tangkai, bentuknya bulat, seperti bola, berwarna merah tua keunguan, putih, atau merah muda. 
  5. Buahnya buah kotak berbentuk segitiga, terbungkus oleh lapisan tipis berwarna putih, berbiji kotak. 
Sifat dan Khasiat 
 
Bukan hanya sebagai tanaman hias semata, bunga ini juga memiliki khasiat lainnya. Rasanya manis, sifatnya netral. Bunga kenop berkhasiat sebagai obat batuk, obat sesak napas, peluruh dahak dan obat radang mata. 
 
Kandungan Kimia 
 
Rasa dan khasiat bunga Knop tidak terlepas dari kandungan kimianya. Bunga knop mengandung beberapa zat kimia, antara lain: Gomphrenin I, II, III, V, VI, dan amarathin. Kandungan minyak asiri, flavon atau saponin mempunyai khasiat sebagai peluruh dahak.
 
Pemanfaatan 
 
Pemanfaat bunga kenop terutama sekali adalah bunga dan herbanya. Bunga dan herba kenop memiliki beberapa khasiat antara lain: 
 
Bunganya berkhasiat untuk pengobatan: 
  • Batuk rejan (pertusus); 
  • TB Paru disertai batuk darah;
  • Sesak napas (Asma Bronkial); 
  • Radang saluran napas akut dan menahun; 
  • Radang mata; 
  • Sakit kepala; 
  • Panas dan kejang pada anak karena gangguan hati, mimpi buruk pada anak; 
  • Disentri; dan 
  • Tidak lancar buang air kecil
Herba digunakan untuk menambah nafsu makan. 
 
Contoh Pemakaian 
 
Pemakaian bunga knop sebagai obat, sangat tergantung dari penyakit apa yang akan diobatinya. Berikut beberapajenis penyakit yang bisa diobati dengan takaran dan cara pengobatannya: 
 
Sesak Napas karena Asma Bronkitis 
 
Untuk mengobati sesak napas karena asma bronkhitis, bahan yang digunakan adalah Kuntum bunganya. Rebus 10 kuntum bunga kenop dalam tiga gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Tambahkan arak kuning sebanyak satu seloki. Minum ramuan sehari tiga kali, masing-masing 1/3 gelas. Lakukan tiap hari sampai sembuh. 
 
Kencing tidak Lancar 
 
Bagi yang menderita susah buang air kecii, bisa memanfaatkan tanaman bunga kenop ini. Caranya rebus 3-10 g bunga kenop dalam tiga gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, rebusan bunga kenop disaring dan air saringannya diminum dua kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.
 
Panas pada Anak karena Gangguan Hati (Liver) 
 
Untuk mengobati panas pada anak-anak yang diakibatkan gangguan liver ialah cuci 7-14 kuntum bunga kenop segar sampai bersih, lalu rebus dalam tiga gelas air bersih sampai tersisa 11/2 gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya diminum sehari tiga kali, masing-masing 1/2 gelas. Catatan : Untuk gangguan livernya harus tetap konsultasi dengan dokter. 
 
Disentri 
 
Disentri sering menyerang karena kuman yang terbawa bersama makanan. Jaga kebersihan makanan, namun jika telah terjadi atasi dengan tanaman ini. Caranya rebus 10 kuntum bunga kenop segar dalam 100 cc arak kuning sampai mendidih (selama 15 menit). Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari. 
 
 
Menambah Nafsu Makan  
 
Untuk menambah nafsu makan bisa menggunakan herbanya. Cuci 20g herba segar sampai bersih, lalu rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa dua gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya diminum. Sehari dua kali, masing masing satu gelas.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment