Jeruk Purut untuk Mengobati Flu, Keletihan, Perawatan Kulit,dll

Bookmark and Share
Jeruk Purut (Citrus HystrixD.c.) merupakan salah satu jenis jeruk yang banyak ditanam orang di pekarangan atau di kebun-kebun. Dibandingkan dengan jeruk yang iain jeruk purut mempunyai ciri tersendiri, terutama pada buahnya. 

Berikut adalah ciri-ciri dari tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat. 
  • Daunnya merupakan daun majemuk menyirip beranak daun satu. Tangkai daun sebagian melebar menyerupai anak daun. Helaian daun berbentuk bulattelur sampai lonjong, pangkal membundaratau tumpul, ujung tumpul sampai meruncing, kedua permukaan licin dengan bintik- bintik kecil berwarna jernih, permukaan atas warnanya hijau tua agak mengkilap, permukaan bawah hijau muda atau kekuningan, buram,jika diremas baunnya harum. 
  • Bunganya berbentuk bintang, berwarna putih kemerah-merahan atau putih kekuning-kuningan. 
  • Bentuk buahnya bulat telur, kulitnya hijau berkerut, berbenjol-benjol, dan rasanya asam agak pahit. 
Sifat dan Khasiat 
Daun jeruk purut berkhasiat sebagai stimulan dan penyegar. Kulit buah berkhasiat stimulan, berbau khas aromatik, rasanya agak asin, kelat dan lama kelamaan agak pahit 
Kandungan Kimia  
Daun mengandung steroid triterpenoid dan minyak asiri. Kulit buah mengandung saponin, tanin, steroid triterpenoid dan minyak asiri yang mengandung sitrat. Bagian yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dari tanaman ini berupa buah, juga daunnya. 
Buah jeruk purut digunakan untuk mengatasi: 
  • Influenza, 
  • Badan terasa lelah, 
  • Rambut kepala yang bau (mewangikan kulit) 
  • Kulit bersisik dan mengelupas. 
Sementara Daun jeruk purut bisa digunakan untuk mengatasi, Badan letih dan lemah sehabis sakit berat. 
Berikut adalah beberapa kondisi badan yang kurang sehat yang bisa diatasi dengan jeruk purut, di antaranya sebagai berikut. 
Influenza  
Potong sebuah jeruk purut masak yang banyak airnya, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60cc air panas. Minum sekaligus selagi hangat. 
Kulit Bersisik dan Mengelupas 
Belah jeruk purut tua menjadi 2 bagian. Gosokkan pada kulit yang bersisik, kering, dan mudah mengelupas di kulit kepala atau bagian lain dari tubuh. Lakukan satu kali sehari pada malam hari sebelum tidur.
Mewangikan Rambut 
Cuci 1 buah jeruk purut masak sampai bersih, lalu parut. Tambahkan 1 sendok makan air bersih, lalu remas, dan saring. Gunakan air saringannya untuk menggosok rambut setelah keramas. 
Badan Lelah Setelah Bekerja atau Letih Sehabis Sakit Berat 
Sediakan 2 genggam daun jeruk purut segar. Rebus dalam 3 liter air sampai mendidih (selama 10 menit). Tuangkan ramuan tersebut ke dalam 1 ember air hangat dan gunakan untuk mandi.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment