Event Asian Games Guangzhou China 2010:

Bookmark and Share

Asian Games Guangzhou, China, resmi dibuka hari Jumat, 12 November 2010.Sebanyak 45 negara ikut serta pada pesta olahraga bangsa-bangsa Asia XVI ini yang akan berakhir pada 27 November.Asian Games 2010 adalah Asian Games yang ke-16.Guangzhou memenangkan proses pemilihan setelah menyisihkan Amman, Kuala Lumpur, dan Seoul. Seoul mengundurkan diri setelah mempertimbangkan bahwa mereka baru saja menjadi tuan rumah Asian Games 2002 di Busan. Kuala Lumpur juga mengundurkan diri.

Ada yang berbeda pada acara pesta pembukaan Asian Games kali ini. Jika biasanya upacara pembukaan dipusatkan di dalam stadion ,maka di Guangzhou menampilkan pesta di tempat-tempat terbuka termasuk di sungai.Negara-negara peserta direpresentasikan dengan kapal-kapal terang berlampu banyak yang berlayar di sepanjang sungai Zhujiang.Kapal 'milik' Indonesia terlihat begitu indah. Lampu-lampu di atasnya didominasi warna merah, hijau dan kuning. Ada ornamen candi di tengah kapal. Dan tentu saja bendera Merah Putih di bagian lambung.

Pada Asian Games kali ini kontingen Indonesia berjumlah 296 personel dengan dengan rincian 212 atlet, 60 pelatih, dan 20 manajer. Indonesia akan tampil pada 24 dari 42 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Komite Olimpiade Indonesia mengharapkan bisa meraih emas dari tujuh cabang yakni bulutangkis, wushu, boling, karate, dayung perahu naga, angkat besi, dan voli pantai. Pada Asian Games 2006 Doha, Qatar,Indonesia hanya meraih 2 emas, 3 perak dan 15 perunggu. Hasil itu menempatkan Indonesia di peringkat ke-22.

Semoga saja di Asian Games ke 16 China ini Indonesia mampu memperbaiki posisinya serta bisa mengharumkan nama bangsa di kancah Asia.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment