POLA MAKAN YANG SEHAT DAPAT MEMBANTU MELAWAN SINDROMA METABOLIK

Bookmark and Share
Kebiasaan pola makan makanan yang sehat adalah sangat membantu untuk melawan sindroma metabolik.Sindroma metabolik adalah sekumpulan faktor risiko metabolik yang secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri akan meningkatkan risiko untuk terjadinya penyakit kardiovaskular aterosklerotik, stroke, diabetes, dan berbagai penyakit metabolik lainnya.

Dr.TasnimeN, Akbaraly dan kawan-kawan dari University College London melihat dengan AHEI ( Alternative Healtly Eating Index ) bahwa dengan kebiasaan pola makan yang sehat dapat membantu melawan sindroma metabolik.

AHEI adalah suatu set pedoman nutrisi yang di terbitkan oleh peneliti harvad School of public Health pada tahun 2002. Pedoman ini menekankan untuk mengkonsumsi biji-bijian utuh dari pada yang sudah di giling, daging putih dari pada daging merah, serta harus banyak makan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan kedelai. studi menunjukkan bahwa mengikuti pedoman ini sangat membantu mengurangi resiko penyakit kronis, baik itu pada laki-laki mau pun perempuan.

Tim peneliti mempelajari 339 subjek dengan sendroma metabolik yang mengambil bagian pada study Whitehall II yaitu studi jangka panjang yang menyelidiki faktor penentu sosial untuk kesehatan pada pegawai sipil di inggris.sebanyak 25% lebih sedikit adalah perempuan dengan usia rata- rata 56 tahun. setelah berjalan 5 tahun sebanyak 158 peserta tidak lagi menderita sindroma metabolik.

secara keseluruhan setelah faktor -faktor potensial yang berpengaruh di kontrol, bahwa ketaatan pada AHEI di hubungkan dengan perubahan pada sindroma metabolik dengan adds ratio 1,88 predomain pada peserta dengan obesitas sentral dan pada mereka dengan Trigliserida tinggi.

Pasein dengan obesitas sentral ( linkar pinggang 102 cm untuk laki-laki dan 88 cm untuk perempuan ) dengan diet yang paling sehat, hampir 3 kali kemungkinannya untuk sembuh dari sindroma metabolik di bandingkan dengan pola makan tidak sehat. Pola makan sehat juga sangat bermanfaat lebih besar untuk subjek dengan kadar tinggi trigliserida yang berbahaya.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment